Widget HTML Atas

Cara Membaca Statistik Blogger Untuk Memantau Perkembangan Blog


Hal yang sering kupantau di halaman blogger adalah bagian statistik blog, entah kenapa, seakan menjadi kebiasaan para blogger saat melihat dasboard blognya. Memang si..cara pengecekan blog untuk melihat perkembanganya,paling gampang melihat pada menu statistik blog. Setidaknya kita tahu berapa si, pengunjung blog kita dalam satu hari, darimana asal traffik blog kita, lewat bagian statistik inilah blogkita bisa terkontrol dengan mudah.



Sebetulnya hal ini banyak yang sudah bisa memahami, akan tetapi rasanya tidak lengkap, mau buat tutorial ngeblog di blogspot bagian ini dilewatkan, seakan ada yang kurang, maka dari itu ku tetap sisipkan artikel ini di dalam postingan di dem.my,id ini,semoga saja ada yang mau membaca lengkap semua postingan demmy.

Ok langsung saja, kita lihat bagian - bagian statistik blogger.

statistik blogspot
untuk menu statistik pada blogger dibagi menjadi 4 sub menu turunanya, antara lain bagian ikhtisar, postingan, sumber lalu lintas dan pemirsa. Ke empat bagian tersebut digunakan untuk mengontrol data perkembangan blog.

Bagian Ikhtisar

Secara arti ikhtisar berarti ringkasan, atau mengambil bagian - bagian yang pokok saja atau penting. Maka bagian statistik khususnya sub menu ikhtisar berisi ringkasan statistik dari semua bagian.

menu ikhstisar statistik

Dengan sub menu ikhtisar pada statistik kita bisa melihat postingan mana yang paling sering di tayangkan, darimana saja sumber lalu lintas blog kita dan bisa membandingkan kunjungan hari ini, kemarin, bulan lalu bahkan sepanjang waktu. Dan tentunya naik turunya trafik bisa kita lihat dari grafik penayangan, bagian ini bisa kita ganti ke penayangan semua, bulan minggu sampai sekarang.

Apa manfaat mengontrol bagian ikhtisar statistik blog?

Dengan mengecek bagian ikhtisar pada blogger, kita jadi tahu seberapa banyak traffik dari sumber organik ( google ) maupun non organik dari media sosial.

Kita bisa membandingkan jumlah tayangan setiap waktu, jadi kita tahu blog kita sedang naik performanya ataukah turun, jika turun berarti ada beberapa kemungkinan, bisa karena ada update algoritma, maupun kurang di update kembali postingan lama kita.

Pada bagian ini kita juga bisa melihat jumlah penayangan dari sumber lalu lintas yang mengarah ke blog kita, jika banyak berdatangan dari google.com, google.id, facebook, wajar - wajar saja, yang perlu dicurigai jika pada bagian ini ada banyak penayangan yang sumbernya dari blog atau webiste yang tidak wajar.

Statistik Postingan

Statistik Postingan

Melalui bagian statistik postingan kita jadi tahu postingan mana yang berada di posisi atas, biasanya kugunain tuk backlink internal.

Cara melihat bagian statistik postingan mudah saja, tinggal login ke blogger masuk dibagian statistik dan pilih postingan, maka akan muncul seperti gambar diatas.

Sumber Lalu Lintas 

Sumber Lalu Lintas

Pada bagian ikhtisar secara ringkas memang sudah ditampilkan sumber lalu lintas blog kita dari mana saja akan tetapi hanya sedikit data yang bisa kita lihat, jika ingin melihat secara lengkap url perujuk yang mengarah ke blog kita bisa kita cek di bagian sumber lalu lintas. 

Statistik Pemirsa

pemirsa blog

Bagian pemirsa pada halaman statistik berisi jumlah penayangan menurut negara, penayangan menurut browser dan jumlah prosentase penayangan menurut sistem operasi.

Bagi blog dengan bahasa inggris untuk penayangan negara bisa untuk memantau dari negara mana saja yang paling sering mengunjungi blog kita.

itulah 4 bagian yang ada pada statistik blog dan isinya.