Widget HTML Atas

Cara Membuat Favicon Blog Dengan CorelDraw



Apa itu Favicon Blog ?

Favorit Icont ( Favicon ) adalah identitas dari sebuah blog atau website yang terpampang dalam menu tab di google menu browser. Sebuah blog atau website memiliki favicont akan memberikan kesan profesional dan nilai lebih, dariada menampilkan favicont buatan, apalagi untuk blog dengan domain bawaan seperti blogspot dan lainya. Icont Favorit blog kita atau favicont dapat kita buat dengan berbagai cara sebetulnya, kita bisa membuat favicont blog atau website secara online maupun offline melalui aplikasi grafis yang kita miliki. Demmy akan praktekan bagaimana cara membuat favicon blogger yang mudah menggunakan coreldraw.


cara membuat favicon blogger  sendiri


Membuat Favicon Blog Secara Online

Bagi yang tidak terbiasa menggunakan aplikasi grafis seerti AI, COrel, Photoshop dan lainya, sobat bisa mmebuat favicon blog menggunakan favicon generator melalui beberapa website yang bisa membuat favicon secara online seperti

Gen-Favicon
Favicongenerator
Real Favicon Generator

Dan masih banyak situs lain tempat pembuatan favicon secara online dan mudah. Ada pula tempat pembuatan favicon gratis di sebuah website layanan favicon dan logo gratis khusus template tertentu seperti di Blog Masbejo disana sobat tinggal kirim pesan melalui laman kontak maka akan dilayani oleh admin blognya, tapi karena akan dibuatkan secara manual maka akan antri dalam mendapatkanya.


Membuat Favicont dengan HTML

Selain menggunakan cara diatas favicont juga bisa dibuat dengan HTML, untuk langkah pembuatan favicon secara html tidak akan demmy jelaskan detail silahkan sobat bisa ikuti tutorial cara membuat favicon dengan html disini.

Tapi pada dasarnya sama, memperoleh sebuah icont yang bisa terpampang di menu browser, apapun caranya silahkan sobat tentukan sendiri bagaimana cara membuat favicon yang sobat inginkan.


Membuat Favicon Secara Manual Menggunakan CorelDraw

Untuk membuat favicon secara manual atau membuat favicon blogger mengunakan corel draw silahkan sobat ikuti dengan baik tutorial membuat favicon yang akan demmy sampaikan disini.

Sebelum kita masuk ketutorial kita akan sampaikan dulu bahwa dalam membuat favicon secara manual secara bentuk harus memenuhi syarat pertama yaitu berbentuk segi 4 sama panjang ( persegi ), ukuran yang bagus yang demmy sarankan yaitu 16 x 16 pixel, walau ukuran lainpun bisa yang penting bentuknya persegi.

Ok langsung saja, berikut tutorial membuat favicon di coreldraw.

Pertama silahkan sobat buka aplikasi CorelDraw yang ada dalam laptop atau komputer sobat.


Cara Membuat Favicon Blog gratis dengan corelDraw

Setelah masuk ke halaman awal corel silahkan sobat klik pada bagian kiri corel sobat tepat di menu rectangle tool ( F6 )


buat favicon unik dan keren

Kemudian silahkan sobat buat persegi dengan toll corel tadi, dan seting bagian ukuran dengan berapapun yang penting bentuknya persegi misal 160 x 160 px gamasalah, tapi kita buat dengan setingan ( pixel atau px )

Silahkan lihat keterangan pada gambar di bawah ini.


Setelah pas ukuranya, kemudian warnai bagian persegi tadi dengan warna yang sobat tentukan dan pas sesuai website sobat, sebagai contoh demmy akan buat favicon untuk blog dem.my.id saja biar mudah.

Untuk menambahkan warna, sobat lihat pada panel warna yang letaknya ada di sebelah kanan aplikasi atau dibawah tergantung setingan aplikasi corel yang ada di komputer sobat.

Kemudian berikan icont web sobat, kita contohka icont milik demi, lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini


langkah-langkah membuat favicon website


Setelah jadi sesuai yang sobat inginkan langkah berikutnya silahkan sobat eksport ke format png atau jpg


cara membuat favicont keren

maka hasilnya akan seperti gabar dibawah ini


contoh favicon blog

Jika sampai langkah ini tandanya favicon blog atau website .
kita sudah jadi, silahkan cek di dokumen sobat di laptop atau komputer, langkah berikutnya tinggal menggunggah icon tadi ke blog kita.


Mengunggah Favicon Blogger

Cara menggungah favicon khususnya untuk blogger, silahkan sobat masuk ke akun blogger sobat dan buka bagian tata letak dan lihat dibagian atas edit favicon
cara ubah favicon

Setelah masuk di tataletak klik bagian edit favicon dan uploud icont yang sobat sudah buat tadi yang penting icont sobat tadi harus bujur sangkar dan kurang dari 100 kb


cara uploud favicon blog di blogspot
Ambil gambar atau icont melalui choose file kemudian simpan
cara mengganti favicon di blogger

Kalu sudah seperti pada gambar diatas tandanya favicon dah jadi dan tersimpan.

Silahkan cek dengan cara buka blog di tab baru dan lihat pada menu browser jika icont sudah terganti maka sukses.

Ok sob itulah tutorial membuat favicont di coreldraw yang mudah dan cara mengunggahnya atau mengganti favicon di blogspot atau blogger.