Widget HTML Atas

Cara Membuat Privacy Policy dan Disclaimer - Online Terbaru


dem.my.id - Cara Membuat Privacy Policy dan Disclaimer - Online dan Mudah. Bagian penting lain dalam blog adalah halaman Disclaimer dan Privacy Policy, halaman ini sangat dibutuhkan bagi para blogger yang akan mengaitkan akunya ke " Google Adsense ". Kami akan menjelaskan kepada sobat cara membuat halaman privacy policy dan disclaimer dengan mudah secara online melalui tool yang ada pada privacypolicyonline.


membuat privacy policy dan disclaimer online


Privacy Policy

Arti Privacy Policy

Privacy Policy atau kebijakan privasi adalah suatu kebijakan yang dibuat oleh pemilik blog atau website dengan maksud menyampaikan kebijakan atau tujuan pembuat blog atau website kepada pengunjung, sehingga pembaca atau pengunjung bisa mematuhi semua peraturan di blog atau situs tersebut.


Baca Juga : Cara Membuat Contact Us Simple di Blog

Fungsi Privacy Policy 

Halaman pivacy policy sangat penting apalagi buat pengguna atau pengunjung, sebab informasi pribadi yang dimiliki pengunjung harus benar - benar dilindungi secara online, walau blog kita sangat simple dan hanya mengumpulkan email pengunjung yang bisa ketahui melalui halaman kontak ( Contact Us ) tapi informasi pribadi mereka harus kita jaga dan lindungi kerahasiaanya. 

Bagi blogger halaman Privacy policy juga salah satu halaman yang harus ada atau harus ditampilkan saat sobat sedang masa proses penautan akun ke Adsense. 

Karena pentingnya fungsi Privacy Policy maka kita harus membuat dan menampilkan halaman privacy policy ini di dalam blog atau website kita.


Cara Membuat Privacy Policy Online

Untuk membuatnya sebetulnya banyak cara, ada yang manual, ada yang instan hanya menggunakan tool saja. Secara bahasa juga kita bisa memilih mau memakai bahasa Indonesia maupun Inggris, Bahkan Bahasa Jawa Sekalipun, karena sudah jelas dari awal, kita punya misi menautkan ke google adsense maka kita pakai aja bahasa Inggris.

Kalau boleh memilih, dem akan menggunakan tool dalam pembuatan halaman Privacy Policy sebab lebih simple, cepat dan praktis hanya 5 menit jadi, bahkan tidak sampai yang penting signyal lancar.

Langkah - Langkah Membuat Privacy Policy Online Sebagi Berikut :


Membuat Privacy Policy Online


Pertama silahkan sobat masuk ke website Generator Privacy Policy.

Setelah masuk silahkan isi kolom isian pada tool tersebut, bisa dilihat tampilanya pada gambar dibawah ini :


form pada privacy policy generator

Berikutnya setelah disisi klik aja next.

Sobat akan diarahkan ke bagian clause, pada bagian ini ada beberapa yang harus diisi oleh sobat seperti dibawah ini:

Do you use cookies?
( pilih saja yes )
Do you show ads through Google AdSense?
( pilih saja yes )
Do you show advertising from third parties (except Google)?
( pilih saja yes )
Country
( isi dengan Indonesia )
State
( Provinsi sobat )

Setelah terisi semua berarti sobat sudah menentukan kebijakan privasinya yang bertujuan agar blog sobat bisa juga di kaitkan ke adsense. Lalu lanjutkan atau klik ( Next )

Proses Terahir yaitu masukan email sobat dan pilih Create Privacy Policy.

Kalu muncul seperti tampilan gambar dibawah ini berarti sudah jadi dan tinggal copas ke halaman blog kita


privacy policy generator

Berikutnya buka halaman di blog sobat, pilih new page atau halaman baru. Isi Judul dengan " Privacy Policy " dan masukan ke compose hasil " Copy to clipboard " ( klik aja ) dan pastekan di compose halaman dan terahir publish.

Maka sudah jadi tu, halaman privacy Policy sobat.


Baca Juga : Cara Seting Perayapan dan Pengindeksan

Diclaimer

Arti Disclaimer

Apa yang dimaksud dengan Diclaimer ? sebuah pertanyaan yang dulu saya dapatkan pada diri sendiri setelah melihat banyak website dan blog memasang halaman ini.

Disclaimer ( bahasa Inggris ) serapan dalam bahasa indonesia Disklaimer merupakan halaman penyangkalan, atau pembelaan pemilik blog atau website, lepas dari tanggung jawab atas pembaca kontent atau yang mempraktekan isi bacaan.

Dalam bukunya Graham J.H Smith menjelaskan bahwa “website disclaimer biasanya menyatakan yang terkandung dalam suatu website adalah hanya sebagai informasi atau gambaran umum. Bahwa yang terkandung di dalam website tersebut tidak ditujukan sebagai suatu nasehat professional dan bahwa pembaca dapat meminta nasehat secara profesional dari pihak lain yang lebih berkompeten sesuai dengan permasalahan yang dihadapi dan bahwa pemilik website tidak bertanggung jawab atas kerugian yang dialami pembaca dari website tersebut.


Fungsi Disclaimer

Pernah baca peringatan pada konten vidio di youtube yang berisi keterangan ( tidak untuk anak kecil ) kalau tidak konten berisi.....dll yang intinya pemilik konten sudah memberikan peringatan terlebih dahulu. Tulisa tersebut sebetulnya sudah menujukan disclaimer pemili konten. Artinya pemilik konten tidak bertanggung jawab saat orang melihat vidionya, pemilik konten lepas dari segala tuntutan dan tanggung jawab, sebab apa, dia sudah membuat keterangan atau disclaimer.

Lha fungsi disclaimer di blog juga sama, kita mengantisipasi jika dikemudian hari ada komplain dari pembaca kita karena tutorialnya tidak pas, dan lainya, maka kita terlepas dari tanggung jawab tersebut.

Jadi fungsi disclaimer salah satunya, membentengi kita sebagai seorang blogger untuk terlepas dari tanggung jawab dari apa yang kita publish.

Sedangkan fungsi disclaimer yang lain, menjadikan website atau blog kita lebih profesional. Selain fungsi tadi bagi yang blognya akan dikaitkan ke adsense dan mendaftar menjadi publisher adsense, halaman disclaimer menjadi salah satu syaratnya.

Pentingnya disclaimer ada pada blog kita, maka dem.my.id akan membagigan tutorial membuat disclaimer online yang sangat mudah, cepat dan benar melalui tool yang ada pada situs privacypolicyonline.


Membuat Disclaimer Online Dan Mudah

Bagaimana cara membuat disclaimer? ikuti saja tutorial dibawah ini :

Pertama silahkan sobat masuk ke situs privacypolicy lalu pilih bagian Disclaimer Generator jangan lupa itu. Lebih jelas lihat gambar dibagian bawah ini


cara membuat disclaimer mudah online

Selanjutnya isikan nama website/blog dan url web atau blog sobat. Lihat gambar dibawah.

membuat disclaimer online dengan disclaimer generator

Setelah terisi dengan benar seperti pada kotakan orange pada gambar diatas silahkan klik bagian ( next )

Kemudian sobat akan diarahkan kebagian ini 

cara mengisi form pada disclaimer generator

Isi negara, provincy dan alamat email kemudian klik create disclaimer. Maka akan muncul seperti gambar di bawah ini.

membuat diclaimer online

Jika muncul seperti gambar diatas tandanya sudah selesai, langkah berikutnya silahkan sobat copy to clipboard dan pastekan pada halaman blog sobat.

Berikan judul pada " Halaman Baru " dengan " Disclaimer " pastekan pada bagian compose Kemudian publish, tandanya sobat sudah selesai membuat disclaimer, jika ingin ditampilkan di website atau blog silahkan copy url disclaimer kebagian laman pada foter maupun header dimana akan diletakanya disclaimer.

Ok sob hanya itu tutorial membuat disclaimer dan privacy policy yang mudah hanya dengan tool online. Semoga bermanfaat.