Widget HTML Atas

Cara Menambahkan Peta Situs Baru ( Sitemap.xml ) di Google Search Console


Dem.my.id - Cara Menambahkan Peta Situs Baru ( Sitemap.xml ) di Google Search Console. Oya sudah tau apa itu peta situs ? Peta situs adalah file pada situs sobat yang berguna untuk memberitahukan halaman mana saja yang perlu di ketahui oleh Google.Sebelum masuk ke pembahasan bagaimana cara submit sitemap ke search console sebaiknya perlu dipastikan apakah akun sobat sudah didaftarkan ke google webmaster ( Google Search Console ) atau belum ? 


Cara Menambahkan Peta Situs Baru ( Sitemap.xml ) di Google Search Console

Sebelum melangkah ke penjelasan lebih jauh tentang peta situs, kita cari tahu dulu apasi peta situs itu ?


Tentang Peta Situs ?

Apa itu peta situs ? Menurut google suport yang dimaksud dengan peta situs adalah file yang digunakan untuk memberikan informasi tentang halaman, video, dan file lain yang ada di situs Anda, serta hubungan antar-elemen tersebut. Mesin telusur seperti Google membaca file ini untuk meng-crawl situs secara lebih efektif. Peta situs memberi tahu Google tentang halaman dan file mana saja yang dianggap penting di situs Anda, serta memberikan informasi yang berguna tentang file ini: misalnya, untuk halaman, kapan kali terakhir halaman diperbarui, seberapa sering perubahan dilakukan, dan versi bahasa lain halaman tersebut.


Perlukah Menggunakan Peta Situs ?

Sebenarnya jika situs kita kecil atau misal masih berdomain blogspot atau Wix dan jumlah halaman masih dibawah 500 tidak menggunakan peta situ tidak masalah, pendapat ini disampaikan google suport dalam lamanya. 

Akan tetapi menurut demmy alangkah baiknya dari awal  kita membuat website langsung saja kita tautkan ke peta situs, sebab jika kita konsisten dalam membangun website kita, kedepan jumlah halaman yang kita buat pasti akan melebihi 500, gamaukan baru sadar sudah jauh. Alasan lain yang disampaikan google suport bahwa Jika halaman situs ditautkan dengan benar, web crawler google itu dapat menemukan sebagian besar situs kita. Galama jadinya halaman webkita di Indek dan nangkring deh di pencarian atau penelusuran google. Oya kita cari tahu sepintas tentang penelusuran.


Bagaimana Cara kerja penelusuran ?

Google sebenarnya mesin yang cara kerjanya otomatis, google memnggunakan software bernama webcrawl,software tersebut bertugas menjelajahi web secara rutin guna menemukan situs yang akan ditambahkanya ke indek, sebenarnya sebagian besar situs yang terindek di google ditemukan secara otomatis oleh mesin crawl saat menjelajahi web dan mencrawl web, berarti hanya sebagian kecil yang terindek hasil pencantuman url situs secara manual. 

Tapi dalam kenyataanya dan demmy buktikan jika kita melakukan pencantuman secara manual url ke webmaster, akan cepat juga dalam terindek, walau sebagian kecil manual tapi tetap gunakan saja. 

Sebab penelusuran bekerja dalam tiga tahap sebetulnya :


  • Crawling ( Google menelusuri web )  
  • Pengindeksan ( mengakses halaman yang telah dipelajari saat melakukan crawl ) 
  • Menayangkan Hasil Penelusuran ( Jadi data yang disimpan tadi diingat betul sama google, dan hasil terbaik yang diberikan kepada penggunanya saat pengguna menanyakan ke mesin pencarianya ).

Tentang Google Search Console

Peta situs yang akan kita buat nantinya berada di " Google search Console" Sob, maka kita harus tahu minimal sepintas tentang search console, apasi google search console ? Google Search Console adalah layanan gratis yang ditawarkan oleh Google untuk membantu kita dalam memantau, mempertahankan, dan memecahkan masalah kehadiran situs kita di hasil Google Penelusuran. 

Fungsi Search Console

Dengan serach console kita dapat memastikan bahwa Google dapat menemukan dan meng-crawl situs kita,Memperbaiki masalah pengindeksan dan meminta pengindeksan ulang,  melihat data traffic Google penelusuran, menerima pemberitahuan saat Google menemukan masalah pengindeksan, spam, atau masalah lainnya, mengetahui backlink, memecahkan masalah AMP dan fitur penelusuran lainya.

Dari penjelasan diatas kita simpulkan bahwa peta situs untuk situs kecil tidak ditautkan ke search console tidak masalah, akan tetapi lebih bagus ditautkan saja dari awal, sebab tidak semua bisa ter crawl otomatis oleh google, sebagian kecil yang tidak bisa di crawl secara otomatis kita bantu secara manual melalui layanan google yaitu google serach console, dan dari banyaknya fungsi search console maka mantaplah kita untuk menambahkan peta situs ke search console atau google webmaster.

Cara Menambahkan Peta Situs Baru

  • Langsung saja kita masuk ke google search console
  • Kemudian kita lihat dibagian kiri atas situs dan klik bagian tambahkan situs pada ( Tambahkan Properti ).

Cara Menambahkan Peta Situs Baru
  • Langkah berikutnya silahkan masukan situs sobat ke bagian bertanda orange seperti gambar dibawah ini.

Cara Menambahkan Peta Situs Baru
  • Kita terus dan verifikasi selesai
  • Selanjutnya kita tambahkan peta situs pada bagian tambahkan peta situs baru, lihat pada gamar dibawah ini.
  • isikan dengan ( namadomainsobat.com/sitemap.xml )
  • Ganti tulisan berwarna orange dengan nama domain sobat.
  • Setelah terisi klik " Kirim "

menambahakan peta situs baru
  • Lihat gambar dibawah ini hasilnya jika peta situs sudah di tambahkan

peta situs sukses ditambahkan

Selesai juga menambahkan peta situs ke google search console.

Oya sob, ini baru tahap penambahan peta situs saja, ada langkah setelah ini, akan tetapi akan demmy sampaikan dipostingan berbeda, update terus tutorial ngeblog untuk pemula dari demmy share jika bermanfaat