Widget HTML Atas

Mengenal Algoritma Google 2020 : Blogger Wajib Tahu!!!


Dem.my.id - Mengenal Algoritma Google 2020: Blogger Wajib Tahu!!! Bebrapa bulan ini sering kata Algoritma muncul di setiap forum blogger, dulu saya tidak memperhatikan apa itu algoritma google, ternyata imbas dari update algoritma sangat besar, baik mempengaruhi trafik kunjungan maupun lainya. Contoh terahir update algoritma google akhir januari 2020 kemarin, banyak yang terkena imbas dari update tersebut, ada sebagian website atau blog yang hancur masalah trafik, tapi ada juga yang naik tajam.Yuk kita belajar bareng tentang algorita google. Apa itu Algoritma google ? Dan apa saja, tentang algoritma 2020.
Mengenal Algoritma Google 2020

Google dari waktu ke waktu terus memperbaiki algoritmanya, sebab apa, google ingin terus meningkatkan kualitas layananya kepada pengunjung. 

Logikanya gini, saat sobat nyari di search engine google atau pencarian google dengan kata " Update Algoritma Google ", maka google berusaha menampilkan jawaban terbaiknya untuk kita.

Kesel juga kan, saat yang ditampilkan isinya beda dengan apa yang kita cari, sampai kita ke halaman ke 4 tidak ada yang kita inginkan.

Untuk itulah google terus memperbaiki algoritmanya, salah satunya untuk masalah perankingan di SERP.


Apa Alogritma Google ?


Algoritma google adalah langkah atau prosedur yang digunakan oleh google untuk pemrosesan, perhitungan sebuah data dan penalaran yang dilakukan secara otomatis. Dengan adanya Algoritma maka data yang diproses akan lebih cepat dan lebih efisien lagi. Sehingga saat pelanggan menanyakan di mesin pencarinya google akan memberikan jawaban yang tepat dan cepat.

Google Algoritma Terbaru Tahun 2020

Algoritma google terus diperbaharui dan terus - menerus berubah, berikut algoritma google 2020.

BERT

Bidirectional Encoder Representatons from Transformers ( BERT ) adalah algoritma googele tentang pengolahan kata, yang berkaitan dengan kata lain dalam sebuah kalimat, bukan satu persatu yang dilakukan secara berurutan.

Peran Algoritma BERT lebih kepada menampilkan hasil pencarian yang lebih relevan kepada pelangannya. Tujuanya sudah jelas, google ingin memberikana jawaban dari pertanyaan yang diketikan berupa kata kunci dalam mesin pencarinya dengan hasil jawaban yang paling relevan.

BERT merupakan algoritma generasi AI ( Artificial Intelligency ) Kecerdasan Buatan setelah algoritma rankbrain google. 

cara yang digunakan kedua algoritma google tadi yaitu kepuasan pelanggan. Salah satu yang menjadi dasar kepuasan pelanggan yaitu seberapa lama pelanggan berlama-lama dalam sebuah website, ketika pelanggan menyelami website tertentu dan terus mencari banyak informasi didalamnya, maka rank brain dan BERT menilai bahwa website tersebut memiliki kualitas, maka secara otomatis google akan menaikan posisi SERP website tadi di halaman google,  artinya pada halaman google posisi website tadi terus merangkak naik.

EAT

expertise, Authoritativeness dan Trustworthiness ( EAT ). Standar EAT merupakan nilai otoritas dari sebuah website yang diperhitungkan oleh algoritma google berdasarkan keahlian si penulis website dan apa yang ditulisnya dapat dipercaya oleh pelangganya atau publik. Jadi isi konten dari sebuah website dapat dipercaya oleh google jika website tersebut ditulis oleh orang yang benar - benar ahli di bidangnya. Bagaimana cara google mengetahui penulis website merupakan orang yang ahli dibidangnya ? Google menilai dari isi konten yang ilmiah dan kualitas dari isi konten tersebut.

Simplenya seperti ini. Misal kita bandingkan dari dua website dengan pembahasan yang sama, mengapa satu berada di posisi atas satu berada di posisi paling belakang, padahal secara isi sama, kita ambil kata kunci " Cara Menyablon " satu di tulis seorang yang berprofesi menyablon, orang ini menuliskan cara menyablon didalam sebuah websitenya dengan detail, dari teknik sablon, alat sablon, dan jenis pasta yang digunakan sampai perbandingan prosentase pencampuran warnanya, dalam menulis website pertama menampilkan dengan sangat detail dab sampai kepoint yang paling dalam, sedangkan website yang satunya sama - sama memkakai kata kunci " Cara Menyablon " sipenulis hanya membahas garis besarnya saja,maka dengan membandingkan kedua website tersebut google akan lebih menaikan website pertama daripada website kedua. 

Selain hal diatas google juga akan menilai seberapa lama domain diregistrasi, misal sebuah domain diregistrasi selama 2-4 tahun sekalius maka domain tersebut akan lebih dipercaya oleh google dibanding yang meregistrasi hanya satu tahun saja.


YMYL

Apa itu standar YMYL ? Standar YMYL ( your money your life ) merupakan standar yang diberlakukan oleh google untuk website - website yang membahas masalah keuangan seperti perbankan, asurasi, hukum,obat - obatan, finansial, investasi, pajak jual beli dan lainya.

Untuk webiste dengan kategori diatas ( YMYL ) google tidak hanya memberlakukan algoritma saja, tetapi google juga melibatkan manusia secara langsung, tapi manusia yang bertugas disini tidak asal - asalan, google menempatkan tim ahli dibidangnya untuk memantau situs-situs tersebut.

Google dan karyawanya akan melakukan pengecekan ketat, kepada perusahaan, halaman websitenya sampai ke admin websitenya dengan detail.