Widget HTML Atas

Berikut Cara Memasang Rating Bintang Pada Pada Pencarian - Untuk Blogspot




Berikut Cara Memasang Rating Bintang Pada Pada Pencarian - Untuk Blogspot. Seing saat search di google liat hasil pencarian ada beberapa web atau blog yang dibawah judul postingan memiliki rating bintang. Rating Bintang yang ditampilkan pada search engine google ternyata bernama Rating Bintang Rich Snippet.


Berikut Cara Memasang Rating Bintang Pada Pada Pencarian - Untuk Blogspot


Apa yang dimaksud Rating Bintang " Rich Snippet " ?

Rating Bintang " Rich Snippet " ( cuplikan kaya ) merupakan skor review yang diperoleh oleh blog atau website  yang diberikan oleh Google kepada situs yang memiliki reputasi baik lewat code schema rating yang telah di seting atau diatur sebelumnya.


Apa Manfaat Rating Rich Sippet Google ?

Dari beberapa sumber artikel yang pernah demmy baca, penambahan rich snipet ternyata memiliki banyak manfaat, antara lain.


Menaikan Skor SEO

Usut punya usut beberapa blog besar menuliskan bahwa dengan menampilkan rating bintang merupakan bagian dari salah satu optimasi SEO, salah satu dari mereka malah mengatakan penambahan ini sangat bagus untuk SEO.

Review dalam rating bintang dapat memberikan informasi kepada pengguna Google yang digunakan  untuk menilai tingkat kualitas suatu konten  atau  trend  dan bisa menjadi rujukan apakah isi dari postingan blog tersebut layak dan dapat dipercaya atau tidak.


Memiliki Nilai Keunikan dan Menambah Visitor

Buat demmy rating bintang ini terlihat unik, sebagai pembaca dikala melakukan pencarian kadang demmy akan memilih dahulu yang ber rating dahulu. Kemungkinan tidak hanya demmy saja yang seperti itu, orang lainpun sama.

maka penggunaan rating bintang buat demmy sangat bagus dan sangat pas sekali menjadi salah satu bagian dalam optimasi SEO.

Dengan berbekal keunikan tersebut, maka potensi klik pada artikel tersebut di search engine tinggi, sehingga visitor blogpun akan naik.


Menaikan Posisi Di Search Engine

Banyak diantara blogger meyakini dengan menampilkan rating bintang dapat menaikan posisi pada SERP. Hal ini didasarkan pada naiknya visitor organik di google pencarian.

Akan tetapi bertahap tentunya jika visitor yang dimaksud adalah organik.


Menaikan Pendapatan Adsense

Jika blog kita banyak dikunjungi atau visitor blog naik maka jelas akan berimbah dengan meningkatnya pendapatan adsense kalau yang blognya terdapat adsense.


Terkait Update Google rating

Pada September 2019 kemarin saat update algoritma google, rating bintang sempat tidak bisa tampil dalam pencarian, semua blog atau web yang memasang Rich Snippet, tidak bisa tampil rating bintangnya dalam search engine. Akan tetapi update februari 2020 kemarin, google mulai menampilkan atau menayangkan kembali blog atau website yang measang valid schema rating.


Berikut Cara Memasang Rating Bintang Pada Blogspot

Pada blogspot akan berbeda pemasangannya dengan wordpress, pada wordpress yang didukung oleh plugin Rich Snippet. Akan tetapi untuk blogspot akan berbeda cara, berikut cara memasang rating bintang pada blogspot.


Memasang Rating Bntang


Untuk memasang rating bintang ikuti langkah berikut ini.

Buka blogspot/blogger
Sign In
Dashboard Blogger
Edit Tata Letak
Tambahkan Gadged/widget
Pilih HTML/ Java Script

Masukan Script dibawah ini :

<script type="application/ld+json">
{
"@context": "https://schema.org/",
"@type": "Review",
"itemReviewed": {
"@type": "Thing",
"name": "Judul Postingan"
},
"author": {
"@type": "Person",
"name": "Nama Anda"
},
"reviewRating": {
"@type": "Rating",
"ratingValue": "Jumlah Bintang",
"bestRating": "5"
},
"publisher": {
"@type": "Organization",
"name": "Nama Blog"
}
}

</script>

Mengatur Rating Bintang

Untuk pemasangan rating bintang silahkan sobat ganti kode dibawah ini pada bagian nama,judul postingan, jumlah rating dan nama blog.

Khusus judul postingan, daripada bolak balik saat post menulis dan seterusnya.

untuk yang demmy blog itu yang diganti ya sob..

<script type="application/ld+json">
{
"@context": "https://schema.org/",
"@type": "Review",
"itemReviewed": {
"@type": "Thing",
"name": "<data:blog.pageName/>"
},
"author": {
"@type": "Person",
"name": "admin"
},
"reviewRating": {
"@type": "Rating",
"ratingValue": "4.3",
"bestRating": "5"
},
"publisher": {
"@type": "Organization",
"name": "dem.my.id"
}
}
</script>



Tunggu Sampai Berhasil

Pengaturan diatas tidak serta merta dapat langsung berhasil sob, kita tunggu google melakukan index ulang, kemungkinan bisa sampai satu mingguan. Semoga berhasil.