√ Contoh Lembar Penilaian Diri Peserta Didik Format K13 - dem
Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 30 Mei 2020

Contoh Lembar Penilaian Diri Peserta Didik Format K13

Penilaian diri peserta didik merupakan sebuah penilaian yang dilakukan oleh diri sendiri (peserta didik/ siswa yang bersangkutan) tanpa melibatkan guru maupun siswa lain dalam menilai. Di dalam prosesnya, peserta didik diberikan kesempatan untuk mengemukakan atau menyampaikan sikapnya sendiri berdasarkan pada yang mereka rasakan. Untuk melakukan itu, siswa tentunya membutuhkan sebuah lembar penilaian diri. Oleh sebab itu, guru perlu mempersiapkan lembar tersebut agar penilaian bisa segera dilaksanakan.

Berdasarkan pada uraian di atas, pada hari ini saya akan membagikan contoh format lembar penilaian diri peserta didik dengan format yang berlaku dalam kurikulum 2013.

Sebelum membagikannya dalam bentuk dokumen, terlebih dahulu saya akan membahas definisi (apa yang dimaksud dengan), kegunaan atau fungsi, manfaat, contoh format, cara membuat dan mengisi lembar penilaian diri oleh peserta didik.

Baiklah. Kita lanjutkan pembahasan.

Definisi

Lembar Penilaian Diri Peserta Didik Format K13 adalah sebuah instrumen penilaian sikap yang sesuai dengan format kurikulum 2013. Lembar penilaian ini diisi oleh peserta didik itu sendiri sebagai konfirmasi atas sikapnya yang sebelumnya telah dinilai oleh guru atau teman sekelas.

Kegunaan

Lembar penilaian ini tentunya memiliki fungsi atau kegunaan di antaranya:
  • Untuk menyempurnakan penilaian sikap sehingga dapat dilaksanakan dengan lebih objektif
  • Digunakan sebagai sumber data terkait penilaian sikap.

Manfaat

Manfaat dari lembar penilaian diri ini yaitu dapat dimanfaatkan sebagai dokumen pelengkap administrasi guru kelas di sekolah dasar (SD), dan lebih luasnya lagi dapat dijadikan sebagai dokumen administrasi sekolah.

Contoh Format

Lembar penilaian diri peserta didik format kurikulum 2013 dapat dilihat di bawah ini.




Download Dokumen:
Contoh Lembar Penilaian Diri Peserta Didik Format K13 untuk SD.doc

Baca juga:

Lembar penilaian antar teman format kurikulum 2013

Cara Buat

Untuk membuat lembar penilaian sebagaimana gambar di atas, Anda bisa menggunakan MS Word atau MS Excel pada komputer Anda.

Jika dibuat di MS Word, Bapak/Ibu dapat membuat tabel dengan jumlah kolom ke samping sebanyak 4.kolom dengan keterangan sebagaimana tercantum.

Cara Mengisi Lembar Penilaian

Untuk pengisian lembar penilaian diri peserta didik caranya mudah. Siswa bisa diarahkan untuk membaca pernyataan yang dibuat oleh guru. Jika pernyataan yang dibaca sesuai dengan sikap peserta didik, maka siswa diarahkan untuk mencentang atau memberikan ceklis pada kolom Ya, dan sebaliknya.

Get notifications from this blog