√ Format Rencana Anggaran Biaya Kegiatan Penilaian Akhir Semester - dem
Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 14 November 2020

Format Rencana Anggaran Biaya Kegiatan Penilaian Akhir Semester

Setiap kegiatan tentunya membutuhkan dana atau biaya untuk melaksanakannya, begitu juga dengan kegiatan penilaian akhir semester.

Kita tau sebentar lagi kegiatan PAS akan dilaksanakan. Oleh sebab itu, dari sekarang kita perlu menyusun rencana anggaran biaya (RAB) atau dana untuk pelaksanaan kegiatan tersebut.

Dalam administrasi penilaian akhir semester, kita mengenal adanya program kerja. Berkaitan dengan itu, RAB kegiatan PAS dalam penempatannya digabungkan ke dalam dokumen program kerja.

Bagi Bapak/Ibu Panitia PAS yang ditugaskan tahun pelajaran ini (2020/2021), di postingan ini saya akan berbagi format RAB (Rencana Anggaran Biaya) untuk pelaksanaan PAS.

Format ini ditujukan bagi siapa saja yang menjadi Panitia penilaian akhir semester yang ada di SD, SMP, maupun SMA atau sederajat.

Sebelumnya, apa yang dimaksud dengan rencana anggaran biaya kegiatan penilaian akhir semester?

Ini adalah sebuah rancangan dana atau biaya yang mungkin akan diperlukan atau dikeluarkan atau dibelanjakan untuk kebutuhan pelaksanaan PAS berdasarkan unsur-unsur pendukung kegiatan tersebut, misalnya pembelian soal, pengadaan alat tulis, pembuatan dokumen-dokumen, dan sebagainya.

Apa kegunaan atau manfaat RAB Penilaian Akhir Semester?

Kegunaan atau manfaat nya tentu sebagai perkiraan dana yang mungkin dihabiskan / diperlukan untuk melaksanakan PAS dari awal (persiapan) hingga akhir kegiatan.

Di samping itu, RAB juga digunakan sebagai bahan laporan penggunaan dana BOS yang digunakan untuk kegiatan tersebut. Juga sebagai administrasi sekolah dalam hal pengelolaan dana.

Bagaimana format RAB yang baik dan benar untuk kegiatan PAS?

RAB yang baik adalah yang mencantumkan semua hal yang diperlukan untuk kegiatan, serta melampirkan rincian dana yang digunakan pada setiap jenis kebutuhannya.

Bagaimana bentuk atau formatnya?

Format RAB bisa Anda lihat pada gambar berikut.

Nah, jadi, begitulah formatnya.

Bapak/Ibu yang menginginkan format tersebut dalam bentuk excel, bisa mendownload dokumennya di bawah.

Download Format RAB Penilaian Akhir Semester.XLS

Demikian pembahasan yang dapat saya sampaikan. Semoga postingan ini dapat memberikan penerangan bagi Anda sekalian.

Get notifications from this blog