√ Contoh Format Buku Klapper Siswa SD - dem
Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 23 Oktober 2020

Contoh Format Buku Klapper Siswa SD

Dokumen administrasi sekolah yang akan dibagikan pada postingan ini adalah contoh format buku klapper siswa SD. Namun sebelum membagikannya, kami akan lebih dulu membahas pengertian, kegunaan, manfaat, dan cara mengisi buku klapper siswa tersebut, sehingga Bapak/Ibu dapat menerima informasi lengkap dari postingan ini. Baik. Kita langsung saja ke pembahasannya.

[1] Pengertian

Apa itu buku klapper siswa sd? Ini adalah salah satu buku administrasi kesiswaan yang berisi data nama siswa yang diurutkan dari A sampai Z guna mempermudah tenaga administrasi sekolah urusan kesiswaan dalam menemukan data siswa yang ingin dicari. Buku klapper ini merupakan administrasi yang melengkapi buku induk siswa di sekolah.

[2] Kegunaan

Apa kegunaannya? Buku ini berguna / dapat digunakan oleh tenaga administrasi sekolah atau tata usaha atau kesiswaan sebagai data pelengkap administrasi sekolah. Kemudian juga berguna sebagai bukti fisik untuk bahan penilaian oleh pengawas dan juga asesor dalam kegiatan akreditasi sekolah.

[3] Manfaat

Berdasarkan uraian di atas, manfaatnya dapat dibedakan menjadi manfaat umum dan khusus. Manfaat umumnya yaitu bagi sekolah, yakni untuk kelengkapan administrasi sekolah dalam hal data siswa. Adapun manfaat khususnya yaitu bagi tenaga administrasi sekolah ataupun kepala sekolah guna memenuhi administrasi kepala sekolah secara garis besar.

[4] Contoh format

Buku klapper ini formatnya tersusun atas bagian-bagian berikut ini:

  • Kop SD
  • Judul
  • Tahun Pelajaran
  • Tabel (dengan kolom-kolom yang meliputi: Nomor urut-induk-nisn, nama siswa, L/P, TTL, Orangtua, Tanggal masuk sekolah/ naik ke kelas ..., Tanggal tamat sekolah, dan Keterangan).
  • Bapak/Ibu bisa melihat contoh formatnya pada gambar berikut ini:

    [5] Cara mengisi buku klapper siswa

    Untuk mengisinya cukup mudah. Namun, kita perlu memperhatikan hal-hal penting berikut:

  • Sebelum mengisinya, lihat kolom isiannya terlebih dahulu dan isilah kolom tersebut dengan data yang sesuai
  • Data siswa yang dimasukkan ke kolom nomor urut adalah nama siswa yang diurutkan terlebih dahulu secara alfabetis dari A sampai Z dengan benar. Untuk bisa mengurutkannya dengan tepat, Bapak/Ibu bisa menggunakan office word dengan memanfaatkan fitur pengurutan huruf. Kita bisa blok nama seluruh siswa, kemudian klik tool "Urutkan" yang ada pada Menu Home di office word Anda, maka dengan sendirinya nama siswa akan tersusun secara alfabetis pada kolom tersebut.

  • [6] Dokumen (doc)

    Apabila Bapak/Ibu menginginkan dokumen (doc) untuk contoh format-nya, silahkan Anda bisa mendownloadnya pada tautan berikut:

    Download contoh format buku klapper siswa sd.doc

    Demikian yang bisa kami sampaikan. Terima kasih atas perhatiannya. Semoga bermanfaat.

    Get notifications from this blog