Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Jadwal Piket Harian Guru

Piket harian guru adalah kegiatan yang dilakukan oleh guru piket dalam mengontrol kegiatan pembelajaran, mengisi daftar hadir guru, menyiapkan surat izin bagi siswa yang meninggalkan sekolah dan sebagainya. Guru piket itu sendiri merupakan pendidik yang mendapatkan tugas tambahan dari kepala sekolah terkait hal tersebut.

Dalam kenyataannya, tidak semua sekolah membentuk guru piket karena mungkin berkaitan dengan honor atau sebab lainnya. Namun, bagi sekolah yang memberdayakan guru untuk melaksanakannya maka memiliki jadwal piket harian untuk guru adalah suatu keharusan.

Jadwal tersebut nantinya akan dijadikan sebagai dasar untuk melaksanakan tugas piket oleh guru yang mendapatkan tugas. Sehingga pengaturan tugasnya pun lebih jelas dan dapat dipertanggungjawabkan. Kira-kira itulah fungsi dari jadwal yang dimaksud.

Adapun manfaatnya bagi satuan pendidikan (sekolah) yaitu dapat dimanfaatkan sebagai arsip atau dokumen terkait administrasi sekolah.

Berdasarkan fungsi dan manfaatnya yang cukup penting bagi sekolah, maka di postingan ini dokumen sekolah dasar akan berbagi contoh jadwal piket harian guru.

Pada dasarnya jadwal tersebut memuat nama guru piket yang bertugas pada hari tertentu, cuplikan jadwal kegiatan pembelajaran dan kelasnya, nama guru yang tidak hadir beserta keterangannya, dan tugas yang diberikan guru yang tidak hadir untuk kelas tertentu berdasarkan jadwal mengajar.

Dikarenakan jadwal piket ini akan terus bertambah setiap minggunya, maka jadwal tersebut dapat dibukukan sehingga menjadi buku piket pembelajaran.

Kembali lagi pada pembahasan utamanya yakni jadwal. Anda dapat melihat contoh jadwal piket harian guru pada tampilan berikut ini.

contoh jadwal piket harian guru

Demikianlah contoh format jadwal tugas untuk guru piket. Contoh pada gambar di atas bisa digunakan sebagai referensi untuk membuat jadwal piket untuk guru di sekolah dasar (SD)/SMP/SMA/SMK.

Bapak/Ibu guru yang membutuhkan dokumen jadwal dalam bentuk excel (xls), bisa mendownloadnya pada tautan berikut ini: Jadwal piket harian guru.xls.

Sekian pembahasan pada postingan ini. Semoga dapat bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Contoh Jadwal Piket Harian Guru"