√ Surat Keputusan Kepala Sekolah tentang Pembentukan Panitia PPDB - dem
Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 30 Mei 2020

Surat Keputusan Kepala Sekolah tentang Pembentukan Panitia PPDB

Surat keputusan kepala sekolah tentang pembentukan panitia ppdb adalah sebuah surat yang berisi keputusan penetapan dan pembentukan panitia pelaksana kegiatan penerimaan siswa (peserta didik) baru menjelang tahun pelajaran baru dimulai.

Sebelum PPDB dilaksanakan, kepala sekolah menunjuk atau menugaskan beberapa orang guru atau wakil kepala bidang kesiswaan dan pembina OSIS, serta tenaga administrasi sekolah urusan kesiswaan untuk dijadikan tim panitia yang nantinya akan terlibat dalam kegiatan PSB / PPDB di sekolahnya masing-masing.

Agar penugasan dari kepala sekolah dapat dipandang sebagai tugas yang resmi, maka kepala membuat sebuah keputusan tentang pembentukan dan pembagian tugas panitia PPDB/ PSB. Sehingga dengan surat keputusan (disingkat SK) tersebut guru dan tenaga administrasi yang dijadikan panitia PPDB dapat diakui secara legal dengan dasar hukum yang kuat.

Mengingat pentingnya SK Kepala Sekolah tentang Pembentukan Panitia PPDB / PSB, maka pada postingan ini akan dibagikan contoh dan doc-nya. Bapak & Ibu Kepala sekolah dan/atau panitia dapat menggunakannya sebagai referensi untuk penulisan atau pembuatan SK tersebut.

Manfaat SK Panitia PPDB bagi Kepala sekolah yaitu dapat menugaskan guru / tenaga administrasi untuk menjadi panitia secara resmi. Di samping itu, SK juga merupakan dokumen administrasi sekolah yang termasuk ke dalam surat keluar. Adapun manfaatnya bagi panitia adalah sebagai tanda bukti yang sah atas penugasan yang diperintahkan oleh kepala sekolah.

Bagian-bagian atau struktur surat keputusan panitia PPDB meliputi:

  • Kop
  • Judul
  • Nomor surat keputusan atau SK
  • Menimbang
  • Mengingat
  • Menetapkan panitia
  • Tempat penetapan
  • Waktu ditetapkannya keputusan
  • Tanda tangan kepala sekolah
  • Urutan atau susunan nama guru atau tenaga administrasi yang menjadi panitia PPDB berikut tugas pokoknya berdasarkan jabatan dalam kepanitiaan penerimaan siswa (peserta didik) baru.

Lebih jelas, contohnya bisa dilihat pada gambar berikut.




Bagi Ibu & Bapak Kepala sekolah, Tenaga Administrasi Persuratan, atau mungkin Waka kesiswaan termasuk pembina OSIS yang membutuhkan contoh suratnya bisa mendownload melalui tautan berikut.

Download Contoh SK Kepala Sekolah Tentang Pembentukan Panitia PPDB dilengkapi Uraian Tugas.doc

Demikian yang dapat dibahas dan dibagikan dalam postingan terbaru kali ini. Semoga bermanfaat bagi kepala sekolah (SD/SMP/SMA/SMK). Tetap semangat dan sukses selalu.

Get notifications from this blog