√ Contoh Pengumuman Kegiatan PPDB - dem
Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 21 Juni 2020

Contoh Pengumuman Kegiatan PPDB

Pada masa pandemi covid-19 ini kegiatan penerimaan peserta didik baru tentunya harus mengikuti aturan protokol kesehatan dengan tidak berkerumun, jaga jarak, dan menghindari kontak langsung antara seseorang dengan orang yang lain. Hal tersebut tentunya menjadi bahan renungan di sekolah bagaimana seharusnya PPDB dilaksanakan tanpa mengabaikan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah.

Dalam kegiatan PPDB, kegiatan awal yang perlu dilakukan panitia adalah mengumumkan jadwal atau alur kegiatan dari awal hingga dilaksanakannya daftar ulang bagi calon peserta didik baru yang dinyatakan diterima. Pengumuman tersebut bisa digunakan sebagai upaya pemberitahuan kepada orangtua, calon peserta didik baru, dan/atau sekolah asal yang biasa mendaftarkan siswa nya secara kolektif ke sekolah yang dituju untuk melanjutkan.

Nah, berkaitan dengan hal tersebut, pada postingan ini saya akan membagikan contoh pengumuman kegiatan PPDB.

Apa itu Pengumuman PPDB?
Ini adalah sebuah lembaran yang dibuat sebagai pemberitahuan bagi calon peserta didik baru yang isinya mencantumkan jadwal atau alur kegiatan PPDB dari awal hingga daftar ulang. Tujuan dibuatnya lembar pengumuman tersebut yaitu untuk menginformasikan kepada semua pihak berkepentingan agar mengetahui kapan dilaksanakannya pendaftaran, seleksi calon siswa, pengumuman diterima, hingga kapan dilaksanakannya pendaftaran ulang bagi siswa yang diterima.

Lembar pengumuman tersebut bisa ditempel di dinding depan kantor sekolah atau di tempat yang strategis agar mudah ditemukan dan dibaca oleh calon peserta didik yang ingin mendaftar ke sekolah.

Apa kegunaannya?
Kegunaannya sudah jelas, yakni untuk memberikan/ menyajikan informasi seputar jadwal PPDB di sekolah. Di samping itu, bagi panitia, lembar pengumuman tersebut dapat dijadikan salah satu administrasi PPDB.

Bagaimana prinsip pembuatan pengumuman kegiatan PPDB?
Prinsipnya, pengumuman sebaiknya dibuat dengan huruf yang jelas dan ukuran yang cukup besar. Jika perlu, gunakan paduan warna yang kontras agar pengumuman dapat menarik orang yang melihatnya.

Berikut ini contoh redaksi kalimat untuk pengumuman PPDB:





PEMERINTAH KABUPATEN ...
DINAS PENDIDIKAN
SD NEGERI 1 ...
Jalan Raya ... desa ... kec. ... kab. ... provinsi ... kode pos: ...

INFORMASI PPDB TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2020/2021 SD Negeri 1 ... Kabupaten ..., akan menerima calon siswa sebanyak ... orang, dengan ketentuan sebagai berikut:
1.Waktu pendaftaran : mulai tanggal ... Juni s.d. ... Juni 2020
2.Tempat pendaftaran luring: SD Negeri 1 ...
3.Mengisi formulir pendaftaran ( disediakan oleh panitia PPDB ...)
4.Fotocopy Akta Kelahiran
5.Fotocopy Kartu Keluarga
6.Fotocopy KTP Orang Tua Calon Peserta Didik
7.Fotocopy STTB atau Ijazah TK/ PAUD yang sudah dilegalisir (sebanyak 2 lembar )
8.Menyerahkan pas photo ukuran 3 x 4 ( sebanyak 2 lembar )
9.Persyaratan pada point (3) s.d. (7) dimasukkan ke dalam map berwarna merah untuk laki-laki, dan map warna putih untuk perempuan.
10.Pendaftaran dilaksanakan dengan tidak bergerombol
11.Calon pendaftar wajib menggunakan masker dan mencuci tangan pada tempat yang disediakan sebelum masuk ke ruang pendaftaran
12.Calon siswa harus mengikuti tes kemampuan membaca, menulis, dan berhitung
13.Pengumuman Penerimaan Siswa Baru : tanggal ... Juli 2020
14.Daftar Ulang dilaksanakan dari tanggal ... s.d. ... Juli 2020. Daftar ulang dilakukan oleh orang tua atau wali calon siswa. Apabila hingga batas waktu yang telah ditentukan tidak melaksanakan daftar ulang, maka calon siswa yang bersangkutan dianggap mengundurkan diri.
15.Proses Belajar Mengajar Tahun Pelajaran Baru ( 2020/ 2021 ) dimulai pada hari Senin tanggal 13 Juli 2020.

Demikian beberapa ketentuan yang hendaknya dipenuhi dan dilaksanakan. Hal-hal yang belum jelas bisa langsung ditanyakan kepada Panitia PPDB.

KKP PPDB 2020/2021.


Demikianlah contoh pengumuman kegiatan PPDB yang mungkin dapat dijadikan referensi bagi panitia PPDB dalam membuatnya. Semoga contoh tersebut bermanfaat. Terima kasih dan selamat bekerja.

Get notifications from this blog