√ Surat Keterangan Kelulusan Siswa Terbaru - dem
Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 01 Juni 2020

Surat Keterangan Kelulusan Siswa Terbaru

Surat keterangan kelulusan siswa adalah surat yang isinya menerangkan bahwa siswa dengan nama, NIS, nomor induk siswa nasional, tanggal lahir, dan nomor peserta ujian tertentu telah dinyatakan lulus dari sekolah dan siap untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Di tengah wabah covid-19 ini kita mengetahui bahwa ujian nasional dan ujian sekolah tidak dilaksanakan langsung, akan tetapi surat keterangan kelulusan dari kepala sekolah tetap harus dibuat sebagai syarat mendaftar dan melanjutkan ke sekolah berikutnya.

Manfaat dari surat keterangan kelulusan bagi siswa adalah sebagai bukti autentik tertulis yang membuktikan bahwa dirinya (siswa) benar telah lulus dari sekolah sebelumnya, sehingga kesempatan diterima oleh sekolah lanjutannya lebih besar. Di samping, surat keterangan tersebut juga merupakan syarat untuk melanjutkan sekolah.

Tidak hanya bagi siswa saja, bagi sekolah pun manfaatnya yaitu sebagai berkas atau arsip administrasi surat menyurat.

Dikarenakan surat keterangan lulus ini sangat penting bagi siswa dan sekolah, maka surat tersebut perlu dimiliki oleh setiap sekolah, baik negeri maupun swasta, atau pun berdasarkan jenjangnya mulai dari SD hingga SMA.

Apa saja bagian yang menyusun surat keterangan kelulusan siswa ini?
Unsur penyusun surat terdiri atas:

  • Kop atau Kepala surat
  • Judul surat keterangan
  • Nomor
  • Isi surat yang menerangkan bahwa siswa dengan nomor urut, nama, nis, nisn dan sebagainya dinyatakan lulus dari sekolah tersebut
  • Penutup surat biasanya diawali dengan kalimat terima kasih dan diakhiri dengan stempel dan tanda tangan kepala sekolah yang memberikan keterangan.

Anda bisa melihat contohnya pada gambar berikut.




Nah, itulah contoh surat kelulusan siswa atau kelulusan ujian yang dapat digunakan sebagai contoh atau referensi dalam membuat keterangan lulus untuk siswa sehingga dapat segera melanjutkan sekolah ke jenjang lebih tinggi.

Anda juga dapat melihat contoh atau formatnya melalui tautan di bawah ini.

Surat Keterangan Kelulusan Siswa Terbaru.docx

Demikian contoh surat yang dapat dibagikan dengan Anda. Semoga bermanfaat.

Get notifications from this blog