√ Contoh Berita Acara Pelaksanaan Tes Seleksi PPDB - dem
Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 01 Juli 2020

Contoh Berita Acara Pelaksanaan Tes Seleksi PPDB

Saat melaksanakan tes seleksi penerimaan peserta didik baru, Panitia PPDB tentunya membutuhkan berita acara pelaksanaan tes seleksi guna mendokumentasikan dan melaporkan kegiatan secara tertulis yang nantinya bisa dimanfaatkan oleh pihak berkepentingan seperti kepala sekolah & dinas pendidikan. Di samping sebagai laporan, berita acara tersebut juga akan melengkapi administrasi PPDB yang harus disusun oleh panitia. Mengingat pentingnya berita acara tersebut maka di postingan ini saya akan sharing dokumen yang memuat contoh berita acara pelaksanaan tes seleksi PPDB.

Apa yang dimaksud dengan berita acara pelaksanaan tes seleksi PPDB?
Ini adalah sebuah berita acara yang menerangkan bahwa pada waktu dan tempat tertentu telah dilaksanakan tes seleksi calon peserta didik baru sebagai bahan bagi panitia dalam menentukan apakah calon siswa bisa diterima menjadi siswa atau tidak, pada sekolah yang mereka tuju untuk melanjutkan pendidikannya.

Berita acara pelaksanaan tes seleksi penerimaan siswa baru ini dibuat oleh pengawas ruang yang mengawasi jalannya kegiatan tersebut. Hampir mirip seperti saat seorang pengawas ujian membuat berita acara, yakni menuliskan hari, tanggal, bulan, tahun, jam, tempat pelaksanaan, jumlah peserta yang mengikuti tes dan yang tidak hadir, catatan selama pelaksanaan tes, dan sebagainya.

Bagi Panitia PPDB, berita acara tersebut manfaatnya besar, diantaranya yaitu:

  • Dijadikan sebagai dokumen lampiran dalam program kerja dan laporan pertanggungjawaban pelaksanaan PPDB di akhir kegiatan
  • Sebagai pelaporan dan control terhadap jumlah calon peserta didik yang hadir dan tidak hadir dalam pelaksanaan tes seleksi yang diselenggarakan panitia.
Struktur berita acara pelaksanaan tes seleksi PPDB di antaranya:
  • Kop
  • Judul
  • Isi (menerangkan hari, tanggal, bulan, tahun, jam, tempat pelaksanaan, jumlah peserta atau calon siswa yang mengikuti tes seleksi, catatan pelaksanaan)
  • Penutup (menyebutkan bahwa berita acara dibuat dengan benar dan dapat dipertanggungjawabkan, serta tanda tangan pengawas atau pembuat berita acara).
Berikut ini contohnya.


PEMERINTAH KABUPATEN ...
DINAS PENDIDIKAN
(NAMA SEKOLAH)
(ALAMAT SEKOLAH)

BERITA ACARA
PELAKSANAAN TES SELEKSI PPDB
TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021


Pada hari ini ………… tanggal …………………… bulan ………….. tahun ………………………………. telah dilaksanakan ………………………………………… dari pukul ……… sampai dengan pukul……………………
Tempat pelaksanaan : ……………………….………………………………....
Ruang : ……………………….………………...……………….
Jumlah peserta seharusnya :………………………….……………………………….
Jumlah peserta tidak hadir :……………………….………………………………….
No Peserta : ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….……………………
Catatan selama pelaksanaan seleksi :
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Berita acara ini dibuat dengan sesungguhnya.

Yang membuat berita acara
Pengawas Ruang Seleksi PPDB



……………………
NIP.


Demikianlah contoh berita acaranya.
Bapak/Ibu Panitia juga dapat melihatnya pada gambar berikut.






Demikian pembahasan tentang contoh berita acara pelaksanaan tes seleksi ppdb yang mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi seluruh panitia penerimaan peserta didik baru dari jenjang SD, SMP, maupun SMA / sederajat yang membutuhkan referensi untuk membuat berita acara tersebut.

Get notifications from this blog