Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Format Buku Induk Anggota Pramuka Terbaru

Buku induk anggota pramuka merupakan buku yang berisi data-data siswa yang aktif mengikuti kegiatan kepramukaan pada gugus depan atau gudepnya masing-masing. Buku induk ini dibuat oleh pembina untuk mendokumentasikan data keanggotaan per-angkatan berdasarkan kelas atau tingkatannya dengan maksud untuk mempermudah pendataan anggota. Di samping itu, ini juga berfungsi sebagai administrasi sekolah yang terkait dengan pramuka.

Mengingat pentingnya administrasi tersebut, maka pada artikel ini kami akan membagikan contoh format buku induk anggota pramuka yang terbaru.

Manfaatnya bagi pembina yaitu dapat dijadikan sebagai administrasi kegiatan dan juga sebagai dokumen bukti yang berisi data-data anggota pramuka dari tahun ke tahun.

Buku induk anggota pramuka yang dibagikan yaitu berbentuk dokumen (.doc) yang isinya terdiri atas sampul dan isi. Sampul seperti biasa bertuliskan judul (buku induk pramuka), tahun, nama gugus depan dan nomor-nya, sedangkan isinya berbentuk tabel yang terdiri dari beberapa kolom ke samping yang masing-masing berisi keterangan seperti nomor, nomor anggota, nama, TTL, nama orang tua/ wali, pekerjaan, alamat, tanggal masuk diterima menjadi anggota pramuka, dan tanggal keluar.

Agar lebih jelas, contohnya bisa dilihat pada gambar berikut.


Itulah formatnya. Apabila ingin lebih jelas tampilan gambarnya, Kakak bisa menekan gambar contoh di atas.

Cara membuatnya: Anda bisa membuat buku tersebut dengan mengetiknya pada word di komputernya sendiri.
Cara mengisinya: Anda bisa mengisi dengan mengacu pada keterangan setiap kolom yang ada pada tabel buku induk pramuka tersebut.

Demikian yang bisa disampaikan. Apabila Kakak ingin mendapatkannya dalam bentuk dokumen, Kakak dapat mendownloadnya melalui tautan berikut.

Download contoh format buku induk anggota pramuka terbaru.doc.

Lihat juga: Buku SKU (Syarat Kecakapan Umum) Pramuka Siaga.

Administrasi sekolah terkait pramuka lainnya:
Semoga bermanfaat bagi semua Kakak pembina pramuka yang bertugas di sekolah dasar.
Salam Pramuka...

Posting Komentar untuk "Contoh Format Buku Induk Anggota Pramuka Terbaru"