√ Daftar Pembagian Tugas Mengajar untuk Guru - dem
Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 14 Oktober 2020

Daftar Pembagian Tugas Mengajar untuk Guru

Di postingan ini, saya akan membahas satu jenis administrasi kepala sekolah yang penting dimiliki, yakni daftar pembagian tugas mengajar.

Kita mulai pembahasannya.

Apa yang dimaksud dengan daftar pembagian tugas mengajar?

Daftar pembagian tugas mengajar adalah sebuah dokumen berisi daftar guru yang diberi tugas oleh kepala sekolah untuk mengajar di kelas atau mata pelajaran tertentu. Dokumen ini umumnya dijadikan sebagai lampiran dalam surat keputusan atau SK pembagian tugas mengajar.


Apa Kegunaan Daftar Pembagian Tugas ini?

Daftar tersebut kegunaannya adalah untuk menuliskan guru-guru yang ditugaskan mengajar untuk mata pelajaran dan kelas tertentu sehingga dapat diketahui oleh semua guru yang ada di sekolah. Di samping itu, kegunaan lainnya yaitu sebagai administrasi.


Kapan Daftar ini Harus Dibuat?

Ini biasanya dibuat satu tahun sekali sebelum/ saat tahun pelajaran baru dimulai, atau secepatnya satu semester sekali (jika ada perubahan formasi mengajar).


Siapa yang Harus Membuat Daftar tersebut?

Pada jenjang pendidikan sekolah dasar, yang membuat daftar ini adalah Kepala sekolah. Adapun pada jenjang SMP/SMA, daftar tersebut dibuat melalui waka/ PKS bidang kurikulum atau tenaga administrasi sekolah.


Bagaimana Format Daftar Tugas Mengajar itu?

Format daftar tersebut disusun dari beberapa bagian yang terdiri dari:

  1. Judul
  2. Tahun Pelajaran
  3. Semester
  4. Tabel tersusun atas kolom dengan keterangan No, Nama/ NIP, Golongan/ Ruang, Jabatan, Mengajar di Kelas, Jumlah jam mengajar, dan Keterangan.

Untuk mengetahui lebih jelas bagaimana format nya, Anda bisa melihat contoh pada gambar berikut.


Demikian administrasi sekolah yang dapat disampaikan. Semoga membantu dan salam.

Get notifications from this blog