√ Format Agenda Kegiatan Dokter Kecil - dem
Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 31 Oktober 2020

Format Agenda Kegiatan Dokter Kecil

Dokter kecil adalah sebuah program dinas kesehatan bersama dengan sekolah melalui kegiatan UKS atau Usaha Kesehatan Sekolah yang sasaran utamanya adalah siswa (biasanya siswa dari sekolah dasar). Program dokcil ini merupakan suatu upaya pembinaan atau edukasi bagi para peserta didik dalam menjalankan kebiasaan hidup bersih dan sehat. Sehingga jiwa dan perilaku yang baik sudah tertanam sejak kecil dalam diri siswa.


Dalam melaksanakan suatu kegiatan, kegiatan tersebut seharunya didokumentasikan dan diagendakan baik secara tulisan, maupun media 2 dimensi berupa gambar atau pun video.


Berkaitan dengan dokumentasi tertulis, di postingan ini kebetulan, kami akan berbagi format agenda kegiatan dokter kecil.


Sebelum kami membagikan format agenda tersebut, terlebih dahulu akan kami bahas beberapa hal:

  • Apa itu agenda kegiatan dokter kecil
  • Apa manfaat agenda kegiatan tersebut
  • Apa saja ruang lingkup kegiatan yang dilakukan
  • Apa saja bagian-bagian yang harus ada atau dicantumkan dalam agenda kegiatan

Baik... Kita lanjutkan ke pembahasannya.


Apa yang dimaksud dengan agenda kegiatan dokter kecil?

Ini adalah sebuah buku yang digunakan untuk mencatat setiap hal yang dilaksanakan dalam kegiatan dokter kecil sehingga pelaksana kegiatan dapat mengetahui siapa siswa yang menjadi dokcil pada tanggal berlangsungnya kegiatan, serta bagaimana uraian kegiatannya tersebut selama pelaksanaan di lapangan.


Apa manfaat dari agenda kegiatan dokcil ini?

Manfaat agenda tersebut tentunya dapat menjadi dokumen bukti atas terlaksananya kegiatan dokcil pada waktu yang telah berlalu. Di samping itu, manfaatnya yaitu sebagai administrasi sekolah pada bidang usaha kesehatan sekolah atau UKS.


Apa saja ruang lingkup kegiatan dokcil?

Ruang lingkup kegiatan mencakup: mengamati kebersihan lingkungan sekolah, termasuk ruang UKS, warung di lingkungan sekolah, kelas, halaman, jamban, WC, tempat sampah, aerasi, dan membetulkan lingkungan supaya tidak menjadi sarang nyamuk terutama di musim hujan.


Apa saja komponen atau bagian-bagian yang dicantumkan dalam agenda kegiatan dokter cilik?

Komponennya terdiri dari: Judul dan bagian tabel yang tersusun atas kolom-kolom keterangan seperti nomor, nama dan TTL, tangga kegiatan, uraian, dan keterangan tambahan.


Nah, itu pembahasannya.


Selanjutnya...

Format Agenda Kegiatan Dokter Kecil untuk Sekolah Dasar (SD)

Agar lebih terlihat jelas, Anda bisa melihat format agenda yang dimaksud melalui gambar di bawah ini



Demikian pembahasan yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat

Get notifications from this blog