√ Tipe Denah Tempat Duduk Siswa & Contohnya - dem
Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 25 Oktober 2020

Tipe Denah Tempat Duduk Siswa & Contohnya

Denah tempat duduk siswa adalah pengaturan lokasi kursi atau bangku siswa di kelas. Denah ini diatur dan dibuat oleh guru kelas untuk menempatkan atau memposisikan peserta didik sebagai upaya pengelolaan kelas guna mengoptimalkan daya serap terhadap pembelajaran atau berdasarkan karakter gaya belajar siswa.

Dalam psikologi pendidikan, denah duduk diatur berdasarkan pada kemampuan siswa menyerap materi pelajaran dari gurunya. Oleh sebab itu, memposisikan siswa pada tempat yang sesuai bisa mendukung keberhasilan-nya dalam menyimak dan menerima pelajaran dari guru.

Selain memaksimalkan daya serap siswa pada materi pelajaran yang diterima, denah tempat duduk siswa juga berguna sebagai administrasi guru kelas yang dibundel dalam sebuah berkas bersama dengan daftar hadir siswa, daftar nilai, agenda harian guru, dan sebagainya.

Di kelas, penempatan ini umumnya disesuaikan dengan strategi mengajar guru atau pengalaman belajar siswa. Berikut ini beberapa tipe denah tempat duduk siswa yang biasa digunakan di kelas.

Tipe denah:

  • Tipe biasa - Ini tampak seperti posisi duduk pada umumnya, yaitu bangku secara tegak lurus menghadap ke papan tulis
  • Tipe huruf U - kondisi dimana bangku disusun seperti huruf U. Guru berada di tengah siswa, dan siswa mengelilingi gurunya. Tipe yang biasa digunakan untuk pembelajaran diskusi atau tanya jawab
  • Tipe duduk berhadapan - ini biasanya diterapkan saat peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok besar untuk belajar berkelompok.

Gambar tipe denah yang dijelaskan bisa dilihat contohnya pada gambar berikut.


Demikian yang bisa disampaikan. Semoga bermanfaat.

Get notifications from this blog