√ Tips Menulis Surat Lamaran Kerja Dilengkapi Contoh - dem
Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 23 Oktober 2020

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja Dilengkapi Contoh

Tahukah Saudara, bagaimana bentuk atau format surat lamaran kerja yang baik dan benar itu? Surat lamaran yang baik harus ditulis dengan bahasa yang baik pula, semisal menggunakan kalimat yang santun dan enak dibaca. Adapun surat lamaran yang benar ialah yang ditulis dengan menggunakan bahasa baku, resmi, dan sesuai dengan kaidah bahasa yang digunakan.

Sesuai dengan judul, di postingan ini saya akan mencoba sharing dengan Anda tentang tips menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar ke sekolah, sesuai dengan EYD (Ejaan yang Disempurnakan) dalam bahasa Indonesia, sehingga kepala sekolah atau tata usaha urusan kepegawaian yang membaca surat lamaran Anda mungkin tertarik dan bisa saja menerima lamaran Anda untuk bekerja di sekolah yang dituju.

Ok... Lalu, apa tipsnya?

Mari meluncur ke pembahasannya.

Tips yang pertama adalah...

Menyiapkan Peralatan untuk Menulis Surat Lamaran

Sekilas, ini terdengar lucu atau konyol, tapi kenyataannya memang demikian. Yang pertama harus kita persiapkan adalah alat tulis.

Peralatan yang harus disiapkan sebelum menulis surat lamaran kerja, antara lain:

  • Kertas Folio bergaris
  • Pulpen tinta hitam
  • Pensil
  • Penghapus
  • Penggaris (jika diperlukan)

Mengapa saya membahas alat tulis terlebih dahulu?

Seperti pada umumnya, kita tahu bahwa surat lamaran kerja ditulis langsung dengan tangan si pelamar. Jadi untuk surat tersebut, Saudara perlu menulisnya sendiri tanpa komputer.

Apa manfaat membaca penjelasan tentang alat tulis yang digunakan untuk membuat surat lamaran?

Hal ini saya jelaskan sebagai edukasi bagi calon guru dan/atau tata usaha yang baru pertama kali mengajukan lamaran kerja ke sekolah idamannya.

Ok... Baiklah

Untuk apa menggunakan kertas folio dalam membuat surat lamaran kerja?

Kertas folio digunakan oleh sebagian besar pelamar ke sekolah, baik sebagai guru maupun tata usaha.

Kemudian... Mengapa harus menggunakan pulpen tinta hitam untuk menulis surat lamaran?

Sebenarnya ini tidak wajib, namun ini berkaitan dengan etika, karena warna hitam melambangkan kewibawaan dan keabadian.

Bagaimana jika menulis surat lamaran dengan pulpen dengan tinda berwarna biru atau merah?

Sebagian orang memang suka menggunakan tinta berwarna biru, namun untuk lebih mengacu pada hal yang wajar, sebaiknya kita gunakan pulpen dengan tinta berwarna hitam.

Adapun untuk warna merah, ini kurang pantas digunakan dan tidak ada orang yang menulis surat lamaran dengan pulpen tinta merah

Kemudian... Untuk apa kita menyiapkan pensil, penghapus, dan penggaris?

Sebenarnya itu hanyalah alat tambahan. Ketiga alat ini bisa digunakan apabila tulisan ingin rapi. Anda bisa menggunakan penggaris untuk membuat margin kertas, sehingga akan terlihat bagaimana bentuk surat Anda, apakah rata kiri, kanan, atau sebagainya. Pada akhirnya setelah Anda selesai menulis, memberi garis pinggir pada kertas (margin), bisa dihapus.

Baik... Itulah Tips yang pertama.

Tips yang kedua adalah...

Mengetahui dan Memahami Struktur Surat Lamaran Kerja yang Benar

Sebelum menulis suratnya, penting untuk Anda mengetahui bagian-bagian penyusun atau struktur surat lamaran yang benar. Bagaimana strukturnya?

Struktur Surat Lamaran Kerja

Berikut ini merupakan struktur atau bagian-bagian yang menyusun surat lamaran kerja yang benar, diantaranya yaitu:

  • Tempat dan tanggal surat
  • Orang yang dituju
  • Tempat tujuan surat atau alamat
  • Menggunakan Bismillah (jika diperlukan)
  • Salam pembuka
  • Menggunakan frasa "dengan Hormat"
  • Membuat kalimat pengantar surat (jika perlu)
  • Sebutkan atau cantumkan nama, alamat, pendidikan terakhir Anda
  • Maksud atau tujuan surat (melamar kerja)
  • Sebutkan bidang atau jabatan yang ingin dilamar
  • Cantumkan atau sebutkan dokumen yang dilampirkan dalam surat lamaran
  • Tulis atau buat kalimat harapan Anda kepada kepala sekolah
  • Jika diperlukan, buat juga statement Anda jika diterima kerja di sekolah itu
  • Tulis ucapan terima kasih atas perhatian kepala sekolah telah membaca surat lamaran Anda
  • Akhiri surat dengan frasa "Hormat saya"
  • Di bagian akhir tulis nama jelas dan tanda tangan Anda sebagai pelamar

Agar lebih mantap dan jelas, Anda bisa melihat contoh suratnya pada teks di bawah ini.

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar ke Sekolah

Anda bisa membaca contohnya di bawah ini.


Garut, Oktober 2020

Kepada Yth. Bapak Kepala Sekolah...

di ...

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamu alaikum wr. wb.

Dengan hormat,

saya yang bertanda tangan di bawah ini,

nama:

alamat:

pendidikan terakhir:

dengan ini bermaksud untuk mengajukan lamaran kerja ke sekolah yang Bapak pimpin untuk menjadi ... (isi dengan guru kelas untuk SD atau mata pelajaran untuk SMP jika Anda adalah sarjana pendidikan keguruan; isi dengan tenaga administrasi sekolah atau tata usaha urusan kepegawaian | pengarsipan | kesiswaan, atau yang lainnya sesuai jabatan yang dilamar).

Sebagai bahan pertimbangan Bapak, bersama lamaran ini saya cantumkan dokumen tambahan meliputi:

1. Fotokopi KTP

2. Fotokopi ijazah dan transkrip nilai pendidikan terakhir yang dilegalisir

3. Fotokopi sertifikat pendidik

4. Fotokopi piagam penghargaan untuk keahlian tambahan.

Demikian permohonan ini saya sampaikan, dengan harapan besar semoga permohonan ini dikabulkan, sehingga saya dapat ikut berkontribusi dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah yang Bapak pimpin.

Terima kasih atas perhatian dan waktu yang Bapak luangkan untuk membaca surat lamaran ini.

Hormat saya,



Siti Jubaedah

Demikian pembahasan tentang Tips menulis surat lamaran kerja ke sekolah (baik sebagai: guru atau tata usaha) yang dilengkapi dengan contohnya. Diharapkan setelah Anda membaca artikel/ postingan ini, Anda bisa membuat surat lamaran yang baik dan benar sesuai penjelasan di atas. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Get notifications from this blog