√ Apa itu Disavow Link dan Bagaimana Cara Kerjanya? - dem
Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 15 November 2020

Apa itu Disavow Link dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Disavow link adalah sebuah metode yang digunakan oleh pemilik website atau blog yang ingin menolak backlink atau inbound link. Sedangkan backlink adalah link yang merujuk ke website atau blog yang ditargetnya menggunakan anchor text maupun tidak.

Backlink berdasarkan kinerjanya dapat kita bedakan menjadi 2 macam, yaitu backlink nofollow dan dofollow.

Backlink nofollow merupakan backlink yang merujuk tanpa memberikan link juice ke halaman targetnya, sehingga meskipun merujuk ke suatu website atau blog, maka backlink demikian tidak akan memberikan pengaruh pada nilai SEO ke situs yang menjadi target.

Sedangkan backlink dofollow adalah backlink yang menaut dan dapat mempengaruhi website atau blog yang menjadi targetnya, karena dofollow itu sendiri mengisyaratkan bahwa perayap harus mengikuti link yang ditautnya.

Kaitannya dengan disavow link, tentu backlink dofollow inilah yang perlu kita nilai kualitasnya. Jika kita menerima backlinknya begitu saja tanpa mengetahui reputasi situs yang menaut ke situs kita, maka ini bisa menyebabkan situs yang kita miliki jadi terpengaruh olehnya.

Masih untung jika backlinknya dari situs terpercaya dan relevan dengan pembahasan di blog kita, bagaimana jika sebaliknya?

Nah, hal backlink dofollow yang mesti kita analisa. Jangan senang dulu karena mendapatkan backlink, kalau sumbernya dari situs berkualitas rendah maka justru itu bisa membuat situs kita jadi menurun reputasinya.

Jadi, saat kita mendapatkan tautan balik dari situs lain, hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan crosscheck ke situs perujuk (backlink ke blog kita).

Selanjutnya, yaitu menilai kualitas website atau blog yang memberikan tautannya ke situs kita

Kualitas yang dimaksud yaitu mulai dari keaktifan situs tersebut, original tidak kah konten di dalamnya, relevan atau tidak dengan blog kita pembahasannya.

Jika ciri-ciri di atas terbukti bagus pada sumber backlink, maka kita bisa membiarkan tautan tersebut dihitung oleh mesin telusur.

Tapi, jika kenyataannya situs perujuk atau backlink ke blog kita itu kualitasnya kurang baik, maka sebaiknya kita meminta ia untuk menghapus link blog kita dari situsnya.

Cara itulah yang paling baik untuk menghilang negatif SEO yang berasal dari backlink berkualitas rendah.

Memang untuk meminta penghapusan link blog kita dari situs perujuk sangat sulit, karena mungkin itu dilakukan dengan sengaja.

Tapi, Sobat tak perlu khawatir atau cemas, karena Google memberikan solusi untuk webmaster agar bisa menolak backlink seperti itu, yakni Google disavow links tool.

Dengan alat atau tool tersebut, kita bisa menolak backlink mana saja yang ingin ditolak tautannya. Tentunya sebelum menolaknya kita harus melewati serangkaian proses yang saja jelaskan tadi, yaitu menilai kualitas website atau blog perujuk atau situs yang memberikan tautan balik.

Sebenarnya bagaimana cara kerja disavow link?

Cara kerjanya yaitu dengan memberikan arahan kepada search engine Google supaya tidak menghitung nilai backlink yang ditolak oleh kita. Sehingga meskipun ada backlink dofollow yang berkualitas rendah mengarah ke blog kita, Google tidak akan menghitungnya sebagai backlink karena kita sudah menolaknya melalui alat atau tool disavow link yang dimaksud.

Bagaimana paham kan?

Sebagai pelengkap bahasan ini, Anda juga perlu membaca artikel tentang cara menolak backlink yang tidak diinginkan.

Get notifications from this blog