√ Blangko Format Laporan Keuangan Barang dan Jasa - dem
Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 02 November 2020

Blangko Format Laporan Keuangan Barang dan Jasa

Penggunaan uang untuk barang & jasa dalam suatu badan/ lembaga resmi seperti sekolah tentu perlu dibuat laporan setiap bulan sebagai tanda bahwa pengelolaan keuangan dilakukan dengan benar. Mengingat keuangan di sekolah bukan milik pribadi maka pertanggungjawabannya dibuat dalam bentuk laporan. Yang bertanggung jawab atas laporan tersebut tentunya adalah tenaga administrasi urusan keuangan atau bendahara.

Berdasarkan penyampaian di atas, kita tau akan pentingnya sebuah laporan untuk mempertanggungjawabkan keuangan yang dikelola. Pengelola dalam hal ini bendahara perlu membuat laporan keuangan yang benar dan tepat guna setiap bulannya.

Berkaitan dengan hal tersebut, di postingan ini dokumensekolahdasar.blogspot.com akan membagikan blangko format laporan keuangan barang dan jasa.

Blangko maksudnya adalah format kosong. Jadi, yang kami share di sini adalah format yang belum diisi dengan data.


Untuk pengisiannya kami serahkan sepenuhnya kepada Bapak/Ibu masing-masing.

Baiklah sebelum itu, ketahui terlebih dahulu bahwa blangko laporan keuangan dan jasa ini tentu ada manfaatnya.


Manfaatnya bagi bendahara yaitu untuk mencatat detail atau rincian dari mata anggaran atau jenis anggaran, dana atau biaya yang digunakan dan dikeluarkan, serta sisa dana yang masih ada.

Kemudian...

Manfaat lainnya adalah sebagai bahan LPJ BOS (Laporan Pertanggungjawaban Bantuan Operasional Sekolah).


Lalu...

Apa saja data yang harus dicantumkan dalam laporan tersebut?

Data yang dicantumkan meliputi:

  • Judul
  • Bulan (nama bulan berdasarkan penggunaan dana)
  • Tahun (tahun yang sedang berjalan)
  • Nomor urut mata anggaran
  • Nama/ Jenis mata anggaran
  • Total penggunaan dana
  • Total pengeluaran
  • Sisa dana
  • Keterangan (jika ada catatan tambahan yang perlu dimasukkan)
  • Mengetahui kepala sekolah dan bendahara.

Bapak/Ibu bisa melihat formatnya lebih jelas melalui gambar berikut.



Untuk lebih memperjelas pembahasan, mungkin kita juga akan membahas cara pengisiannya

Cara mengisi format laporan:

1. Isilah blangko pada bagian yang diberi tanda titik-titik ( ... )

2. Isi juga bagian kolom pada tabel sesuai dengan judul keterangan kolom paling atas

3. Kolom Nomor diisi dengan nomor urut berdasarkan mata anggaran atau jenis barang/ jasa yang digunakan per bulannya

4. Kolom Mata Anggaran diisi dengan nama barang atau jasa yang dipakai

5. Kolom Total Penggunaan dan Pengeluaran diisi dengan kesesuaiannya atas penggunaan setiap mata anggaran dengan menggunakan angka dalam satuan rupiah

6. Kolom Sisa Dana diisi dengan dana yang tersisa berdasarkan uang atau dana yang dimiliki pada bulan sebelumnya dikurangi dengan penggunaan di bulan yang sedang dihitung

7. Kolom Keterangan diisi dengan data atau catatan tambahan yang perlu dicantumkan.

Apabila ingin mendapatkan format laporan di atas, Bapak atau Ibu bendahara bisa mendapatkannya melalui tautan berikut:

blangko laporan keuangan barang dan jasa.doc

Nah, demikian pembahasan yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat.

Get notifications from this blog