√ Contoh SK Komite Sekolah 2019/2020 - dem
Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 08 November 2020

Contoh SK Komite Sekolah 2019/2020

Selamat datang Bapak/Ibu Kepala Sekolah yang sedang mencari contoh SK komite sekolah.

Pada kesempatan yang baik ini kami akan membagikan contoh SK tersebut. Ini dapat digunakan oleh kepala SD dan/atau SMP sebagai referensi. Insya Allah juga berguna bagi Bapak/Ibu dalam proses pembuatan SK tersebut di tahun pelajaran 2019/2020 ini.

Sebelum berbagi contoh SK sebagaimana dijanjikan, izinkan dulu kami untuk membahas pengertian, kegunaan, manfaat, dan bagian-bagian yang menyusun sebuah surat keputusan (SK).


Baiklah, kita bahas satu persatu di bawah ini.


A. Pengertian/ Definisi :
SK Komite Sekolah adalah suatu surat yang berisi keputusan dari Kepala Sekolah untuk menetapkan para pengurus komite secara sah berdasarkan payung hukum yang berlaku.

B. Fungsi/ Kegunaan :
Kegunaan dari SK Komite Sekolah ini adalah untuk mengesahkan dan menetapkan orang-orang atau tim yang akan melaksanakan pekerjaan sebagai komite pada satuan pendidikan. Di samping itu, SK ini juga dapat digunakan sebagai dokumentasi dan bukti baik bagi penerima SK maupun bagi sekolah.

C. Manfaat :
Sebagai salah satu surat dinas (resmi), SK komite sekolah juga dapat dimanfaatkan sebagai dokumen atau arsip sekolah yang berkaitan dengan surat keluar.

D. Bagian-Bagian dalam SK (Struktur Penyusun) :
Secara umum, bagian penting yang harus ada/ ditulis dalam sebuah surat keputusan atau SK di antaranya yaitu konsiderans, desideratum, dan diktum.

Konsiderans adalah bagian yang memuat landasan hukum atau yang menjadi dasar pembuatan SK. Konsiderans umumnya terdiri dari sub bagian seperti: menimbang, mengingat, dan memperhatikan.

Diktum merupakan bagian SK yang di dalamnya memuat poin-poin ketetapan. Bagian ini bisa dikatakan sebagai isi atau inti dari surat keputusan. Hal-hal yang ditetapkan oleh pengambil keputusan akan dicantumkan semua di dalam diktum. Diktum ini diawali dengan adanya kata : "Memutuskan dan Menetapkan".

Desideratum adalah bagian yang memuat tujuan dibuatnya SK. Desideratum dalam SK terdapat pada bagian konsiderans maupun pada diktum. Intinya desideratum ini ada namun keberadaannya tersirat. Semua kalimat yang menyatakan suatu tujuan adalah desideratum.

Nah, mungkin hanya itu bahasan pembuka yang dapat Anda baca dan mudah-mudahan dapat memberikan wawasan tambahan untuk kita semua.

Selanjutnya.

Di bawah ini Anda dapat melihat Contoh SK Komite Sekolah 2019/2020 yang kami janjikan.

Contoh:

PEMERINTAH KABUPATEN …
DINAS PENDIDIKAN
KORWIL BIDANG PENDIDIKAN KECAMATAN …
NAMA SEKOLAH (SD/SMP/SMA …)

Jln ...................... no. ........ kec. .......... kab. ........... – kode pos: ...........


KEPUTUSAN KEPALA SEKOLAH ..........
KECAMATAN ………………..
KABUPATEN …………………….

Nomor: ......../........ /......./2019

TENTANG

PENETAPAN PENGURUS KOMITE SEKOLAH
(NAMA SEKOLAH)
TAHUN PELAJARAN 2019/2020

KEPALA SEKOLAH ……………………….

Menimbang :
Bahwa untuk mencapai tujuan Pendidikan Nasional dengan upaya peningkatan kualitas, pemerataan efesiensi penyelenggaraan pendidikan dan tercapainya demokratisasi pendidikan, perlu adanya dukungan dan peran serta masyarakat yang optimal

Mengingat :
Instruksi Menteri Pendididikan dan Kebudayaan Nomor 2 Tahun 2011 tanggal 17 Oktober 2011 tentang Kegiatan Pengelolaan Data Pendidikan;
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2012 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 257);
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 101 Tahun 2013 tentang Petunjuk Teknis Penggunaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Dana Bantuan Operasional Sekolah Tahun 2014 (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2013 Nomor 1432);

Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI No: 44/U/2002 tanggal 2 April 2002 tentang Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah
Hasil Keputusan Rapat Komite Sekolah bersama dengan orang tua peserta didik pada hari selasa tanggal ...... Juli 2019.

MEMUTUSKAN

Menetapkan :


Pertama :
Menunjuk nama-nama sebagaimana tersebut pada lampiran Surat Keputusan ini sebagai Pengurus Komite Sekolah pada (nama sekolah) ......... kec. …………….. kabupaten ................. Tahun Pelajaran 2019/2020.

Kedua :
Pengurus Komite Sekolah sebagaimana dimaksud pada diktum yang pertama berperan sebagai:
Pemberi pertimbangan dalam perencanaan dan pelaksanaan kebijakan pendidikan;
Pemberi dukungan baik yang berwujud finasial, pemikiran, maupun tenaga dalam penyelenggaraan pendidikan;
Pihak yang mengontrol transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan pendidikan;
Mediator antara pemerintah (eksekutif) dan dengan masyarakat.

Ketiga :
Dalam melaksanakan tugasnya, pengurus Komite bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah …

Keempat:
Keputusan berlaku sejak tanggal penetapan dan jika terdapat kekeliruan di dalamnya maka ini akan diperbaiki sebagaimana mestinya.


Ditetapkan di : ...............
Tanggal : ............Juli 2019

Kepala Sekolah ................



..............................
NIP. .........................


Tembusan:
Kepala Dinas Pendididkan Kabupaten ….
Ketua KORWIL Bidang Pendidikan Kecamatan …
Yang bersangkutan
Arsip.


Topik terkait komite sekolah:

Contoh Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Komite Sekolah Dasar


Contoh Bagan Struktur Organisasi Komite Sekolah


Demikian yang dapat kami tulis pada artikel yang sederhana ini. Semoga pembahasan mengenai SK Komite Sekolah yang kami tulis ini dapat memberikan wawasan bagi diri saya sendiri khususnya dan umumnya bagi semua yang membaca.

Get notifications from this blog