√ Label Bangku Peserta PAS - dem
Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 28 November 2020

Label Bangku Peserta PAS

Di artikel ini kami membahas pertanyaan dan jawaban terkait label bangku peserta PAS secara lengkap yang mungkin Anda butuhkan sebagai materi untuk meningkatkan wawasan terkait hal yang dibahas.

Berikut ini pembahasannya.

Apa itu?

Label bangku peserta PAS adalah kertas bertuliskan nomor peserta yang dipasang pada meja tempat duduk peserta pada kegiatan penilaian akhir semester di dalam ruang ujian.

Secara administrasi, ini merupakan suatu administrasi yang perlu disiapkan dalam pelaksanaan kegiatan penilaian akhir semester, baik di sekolah dasar, SMP, maupun SMA.

Apa Kegunaannya?

Kegunaannya yaitu untuk menetapkan tempat duduk peserta berdasarkan nomor yang tertulis pada label yang dimaksud.

Apa Manfaatnya?

Manfaatnya:
1. Bagi pengawas; yaitu bisa dengan mudah mengetahui nama peserta berdasarkan label yang terpasang pada bangku atau meja yang ditempati peserta, sehingga pengawas bisa menertibkan peserta berdasarkan tempat duduk yang sesuai.

2. Bagi peserta; yaitu dapat mengetahui dimana tempat duduk yang seharusnya berdasarkan nomor masing-masing.

Bagaimana Contoh Formatnya?

Format label bisa dilihat pada tampilan berikut.

format label bangku peserta pas
gambar contoh format label

Bagaimana Cara Membuat Nomor Peserta seperti pada gambar di atas?

Untuk membuat nomor peserta, kita bisa menggunakan kode kelas dengan nomor urut yang sesuai dengan nama peserta secara alfabetis, yaitu dimulai dari A dan seterusnya.

Contoh Penomoran Peserta PAS:
  • Untuk SD kelas 1, bisa dengan nomor 1.001 untuk peserta yang pertama ( kode 1. menunjukkan kelas; dan kode 001 menunjukkan urutan peserta
  • Untuk SMP kelas 7, bisa dengan nomor 7A.001 (kode 7A. menunjukkan kelas 7 pada rombel A; dan kode 001 menunjukkan bahwa peserta adalah urutan pertama)
  • Untuk SMA/SMK, bisa dengan nomor XA.001 (kode XA. menunjukkan kelas 10 dan A adalah kode untuk jurusan IPA; sedangkan 001 adalah nomor urut peserta pada jurusan IPA atau gabungan dari semua angkatan pada kelas 10 di SMA/SMK tertentu)

Bagaimana Cara Memasang Label pada Bangku Peserta?

Label tersebut dipasang dengan formasi spiral membentuk huruf S atau huruf U.

Mengapa Label tersebut Dipasang dengan Formasi Spiral?

Pemasangan menggunakan formasi spiral bertujuan untuk memudahkan pengawas dalam mengumpulkan soal dan lembar jawaban peserta saat ujian selesai.

Penutup

Demikian pembahasan yang dapat kami sampaikan pada artikel ini. Semoga dengan artikel ini kita dapat meningkatkan sedikit wawasan kita tentang salah satu administrasi penilaian akhir semester. Semoga bermanfaat bagi panitia PAS di sekolah dasar, SMP, SMA maupun SMK yang diberi tugas tambahan pada tahun pelajaran 2020/2021 ini.

Get notifications from this blog