√ Surat Keterangan Hilang Buku Tabungan PIP Siswa [dari Sekolah] - dem
Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 04 November 2020

Surat Keterangan Hilang Buku Tabungan PIP Siswa [dari Sekolah]

Surat Keterangan Hilang Buku Tabungan PIP Siswa - Pasti siswa di sekolah Anda ada yang kehilangan buku tabungan, betul?


Dan untuk membantunya, tentunya Anda sebagai pihak dari sekolah ingin membuat surat keterangan kehilangan tersebut.


Tak perlu khawatir ya.


Karena di postingan ini, kami pun akan berbagi contoh surat keterangan hilang buku tabungan. Surat ini bisa digunakan secara umum untuk berbagai macam keterangan kehilangan barang, termasuk buku tabungan.


Sebelum membagikan contohnya, kami akan membahas definisi surat keterangan kehilangan, fungsi, manfaat, dan struktur suratnya terlebih dahulu.


Surat keterangan kehilangan bisa didefinisikan sebagai sebuah surat yang menerangkan adanya kehilangan suatu barang atau benda yang dimiliki seseorang.


Surat ini tidak sembarang pihak yang mengeluarkannya karena pada umumnya ini hanya dibuat dan dikeluarkan oleh lembaga atau instansi resmi (formal) saja.


Kaitannya dengan keterangan kehilangan dari sekolah, fungsi surat ini yaitu untuk memberikan keterangan kepada pihak bank bahwa siswa di sekolah benar-benar kehilangan buku tabungannya (misalnya buku tabungan program indonesia pintar/ PIP), maka dengan itu siswa/ orangtuanya bisa diberi keringanan oleh pihak bank sehingga dana bantuannya bisa dicairkan meski tabungannya hilang.


Selain itu, fungsi lain dari surat ini adalah untuk permintaan mengganti buku tabungan yang telah hilang dengan yang baru. Jadi, di satu sisi fungsinya sebagai keterangan dan di sisi lain sebagai permintaan menerbitkan buku tabungan baru. 


Manfaat surat keterangan ini bagi sekolah yaitu sebagai administrasi atau arsip. Adapun bagi orangtua/ wali siswa, surat ini akan sangat bermanfaat sekali karena dapat membantu mencairkan dana meski buku tabungan yang menjadi syarat pencairannya tidak ada atau hilang.


Kemudian...


Perlu diketahui juga, bahwa surat keterangan kehilangan buku tabungan tersusun dari bagian-bagian (struktur) berikut:

  • Kop surat - tersusun atas: nama pemerintah kabupaten, dinas pendidikan, korwil kecamatan, nama sekolah (SD/ SMP/ SMA), dan alamatnya
  • Badan surat - tersusun atas: judul, nomor surat, isi surat, keterangan kepala sekolah, menerangkan siswa yang kehilangan buku tabungan, dan permohonan mengganti dengan tabungan baru
  • Penutup - tersusun atas: tanda tangan kepala sekolah disertai dengan stempel atau cap sekolah.

Itulah struktur suratnya...


Keterangan kehilangan dari sekolah terkait buku tabungan PIP contohnya bisa dilihat pada gambar berikut.


Nah, itulah contohnya. Bagi Ibu/Bapak Kepala sekolah yang ingin membuatnya, Anda bisa melihat contoh di atas.

Demikian pembahasan yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat.

Get notifications from this blog