√ Ulasan Manfaat Buku Fokus Pembelajaran | BSNP 2020 - dem
Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 25 Desember 2020

Ulasan Manfaat Buku Fokus Pembelajaran | BSNP 2020

Pada artikel ini saya akan menulis ulasan (review) tentang manfaat buku berjudul Fokus Pembelajaran SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA yang diterbitkan oleh Badan Standarisasi Nasional Pendidikan (BSNP) bagi guru kelas dan guru mata pelajaran (Mapel) yang mengajar di satuan pendidikan pada jenjang yang disebutkan.

ulasan (review) manfaat buku fokus pembelajaran sd mi smp mts sma ma


Maksud dan tujuan membuat ulasan

Maksud dan tujuan saya me-review buku tersebut adalah untuk memperluas jaringan informasi mengingat bahwa tidak semua guru dapat mengakses halaman di situs BSNP. Di samping itu, tujuan lainnya adalah untuk menginformasikan manfaat buku secara umum dan singkat sehingga guru di sekolah dasar atau madrasah ibtidaiyah, sekolah menengah pertama atau madrasah tsanawiyah, dan sekolah menengah atas atau madrasah aliyah tertarik untuk membacanya.

Saya sadar bahwa ulasan yang ditulis jauh dari kesempurnaan, baik dalam metode penulisan maupun tata bahasa yang digunakan. Oleh sebab itu, segala bentuk saran yang membangun demi perbaikan artikel ulasan ini sangat saya harapkan.

Isi Ulasan

Buku "Fokus Pembelajaran" merupakan buku elektronik (pdf) yang disusun oleh BSNP dari berbagai narasumber ahli dari berbagai Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Yayasan Pendidikan, dan Lembaga lainnya.

Buku tersebut disusun berdasarkan prinsip akurasi, ringkas dan bersih, dengan maksud agar mudah dipahami oleh kepala sekolah, pengembang kurikulum dan pembelajaran, pendidik (guru), orang tua dan siswa, serta penulis buku.

Buku Fokus Pembelajaran dari BSNP juga mudah dijangkau dalam membacanya karena semua muatan kurikulum pada setiap jenjang pendidikan dapat dilihat pada satu halaman saja. Muatan kurikulumnya terdiri atas 9 kelompok, di antaranya yaitu muatan mata pelajaran: Agama, Bahasa, Matematika, IPS, IPA, PPKn, Seni Budaya, PJOK, dan Informatika (TIK).

Ditinjau dari segi fokus materi, buku tersebut menitikberatkan pada proses belajar kohesif, peluasan pengetahuan bermakna, fokus pada target utama, dan membawa para pembaca untuk berpikir tentang materi yang penting pada muatan kurikulum yang ditetapkan pemerintah.

Jadi, dengan mempelajari buku tersebut guru dan semua pemangku kepentingan pendidikan dapat memiliki wawasan dasar tentang fokus pembelajaran berdasarkan standar kompetensi yang perlu dicapai dan dapat menentukan materi apa yang perlu (penting) disampaikan kepada siswa berdasarkan standar kompetensi lulusan. Sehingga ini juga dapat mempermudah guru mendesain pembelajaran kreatif dan inovatif di kelas.

Tidak hanya itu. Buku Fokus Pembelajaran juga dapat membentuk pemikiran kreatif dalam diri guru, sehingga guru dengan mudah dapat mengambil keputusan yang tepat mengenai pembelajaran yang mesti disampaikan saat situasi sedang darurat, misalnya saat terjadi bencana alam atau pandemi covid-19 yang tidak memungkinkan untuk belajar di sekolah.

Kesimpulan

Buku fokus pembelajaran yang disediakan oleh BSNP (Badan Standarisasi Nasional Pendidikan) sangat bermanfaat bagi Kepala sekolah, Guru, Pengembang Kurikulum Pembelajaran, Orang Tua dan Siswa, serta Penulis buku.

Manfaatnya sangat besar dalam menambah wawasan guru dalam memahami fokus materi pelajaran yang perlu diberikan kepada siswa sehingga pembahasan materi lebih tepat dan kena pada standar yang ditetapkan. Lain dari itu, buku tersebut dapat memberikan edukasi kepada guru guna membentuk/ membangun konsep berpikir yang efektif, kreatif dan inovatif sesuai situasi kondisi pendidikan di lapangan.

Akhir kata saya ucapkan terima kasih kepada BSNP yang telah menerbitkan buku berjudul Fokus Pembelajaran, sehingga semua guru pada setiap tingkatan kelas dan jenjang pendidikan dapat belajar menjadi lebih baik dan profesional.

Mohon maaf atas segala kekurangan saya dalam mengulas manfaat buku tersebut.

Disclaimer:
Artikel ini merupakan ulasan atau review yang ditulis berdasarkan gambaran umum buku. Tidak ada konten yang dikutip langsung dalam ulasan ini. Penulis hanya memberikan informasi tentang manfaat buku saja dan tidak ada keterkaitan antara penulis dengan lembaga yang disebutkan. Materi asli tetaplah menjadi hak cipta dari BSNP.

Sumber Informasi (Pustaka):

Badan Standarisasi Nasional Pendidikan. 2020. Fokus Pembelajaran SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA. Jakarta: BSNP [diakses pada tanggal 25/12/2020 melalui situs resmi BSNP pada alamat: https://bsnp-indonesia.org/wp-content/uploads/2020/12/Fokus-Pembelajaran-2.pdf ]

Get notifications from this blog