√ Apakah mengikuti ekstrakurikuler di sekolah itu penting? - dem
Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 11 Januari 2021

Apakah mengikuti ekstrakurikuler di sekolah itu penting?

Jika muncul pertanyaan di benak kalian yang mempertanyakan Apakah mengikuti ekstrakurikuler di sekolah itu penting? Justru saya akan bertanya kembali seberapa penting Anda menilai ekstrakurikuler?

Pertanyaan balik itu muncul jika Anda memandang tingkat kepentingan berdasarkan personal. Tapi, jika dikembalikan pada peraturan pemerintah yang ditetapkan beserta manfaat yang akan diperoleh dengan mengikuti ekskul di sekolah, pasti Anda akan menemukan jawaban bahwa mengikuti ekskul di sekolah itu sangat penting.

Alasannya apa?

Apa yang menjadikan ekskul penting untuk diikuti?

Jawabannya yaitu pengembangan diri.

Mengikuti kegiatan di sekolah, termasuk ekstrakurikuler dapat memberikan Anda pengalaman berharga. Dengan mengikutinya ada beberapa manfaat, di antaranya:

  • Dapat melatih kedisiplinan
  • Memiliki wawasan dan keterampilan yang berkaitan dengan ekskul yang diikuti
  • Melatih jiwa kepemimpinan
  • Mendapatkan banyak teman
  • Pengembangan diri.
Itulah pentingnya mengikuti ekstrakurikuler. Di samping itu, pendidikan di Indonesia menetapkan bahwa ada ekstrakurikuler wajib yang harus diikuti oleh semua siswa pada semua jenjang pendidikan.

Ekstrakurikuler wajib itu adalah Pramuka.

Jika berbicara penting atau tidak, tentunya sekolah diberi mandat oleh Menteri Pendidikan untuk melaksanakan ekstrakurikuler wajib itu. Artinya penting sekali bagi siswa untuk mengikuti pramuka sebagai ekstrakurikuler yang diwajibkan ada di sekolah dan harus diikuti oleh semua siswa.

Selain ekstrakurikuler wajib, sekolah juga bisa mengadakan ekskul pilihan. Ekskul jenis ini bisa dipilih untuk diikuti. Jadi, siswa boleh ikutan, bisa juga tidak mengikuti.

Pembahasan lengkap tentang ekstrakurikuler bisa membaca tentang jenis dan bentuk kegiatan ekstrakurikuler di sekolah.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan. Semoga pembahasan ini bisa menjawab pertanyaan Anda tentang: Pentingkah mengikuti ekstrakurikuler di sekolah?

Get notifications from this blog