Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aplikasi Kwitansi Excel Otomatis Terbaru

Pada postingan ini dokumensekolahdasar.blogspot.com akan membagikan aplikasi kwitansi excel otomatis terbaru yang dapat di-download secara gratis.

Sebelumnya saya selaku pembuat (creator) aplikasi ini akan menjelaskan terlebih dahulu detail tentang aplikasinya, sehingga Bapak/Ibu dapat memutuskan untuk mendownload atau tidak.

Detail aplikasi

Nama

Aplikasi tersebut saya beri nama kwitansi excel otomatis terbaru karena ini merupakan model terbaru yang belum dibuat oleh siapapun sebelumnya.

Alat pembuat

Sesuai dengan namanya, aplikasi tersebut alat yang digunakan untuk membuatnya adalah microsoft excel 2013. Dalam membuatnya, saya tidak menggunakan macro.

Fitur

Fitur yang tersedia sangat sederhana sekali karena hanya terdiri atas sheet/lembar data dan lembar kwitansi yang siap dicetak.

Lembar (sheet) data

Lembar input data merupakan sheet pertama yang tampak seperti tabel. Kegunaannya adalah untuk memasukkan (input) data transaksi. Adapun data yang di-input terdiri dari:
  • No. kwitansi
  • Tempat
  • Tanggal pembayaran
  • Telah terima dari
  • Uang sejumlah (ditulis dalam format angka atau mata uang)
  • Untuk pembayaran
  • Nama pembayar (penyetor), dan
  • Nama penerima.
Berikut ini tampilan sheet input datanya.

sheet (lembar) input data transaksi pada aplikasi kwitansi excel otomatis terbaru dokumensekolahdasar.blogspot.com

Lembar kwitansi siap cetak

Ini merupakan lembar kedua yang nampak seperti kwitansi pada umumnya yang siap untuk dicetak. Adapun setelan kertas yang digunakan untuk mencetak ukurannya yaitu 32 x 10 cm (sentimeter).

Lembar ini yang nantinya akan menampilkan (memunculkan) data-data yang telah di-input pada sheet pertama secara otomatis menggunakan rumus fungsi VLOOKUP.

Pada lembar kwitansi otomatis ini nominal uang dalam format angka akan dikonversikan ke huruf dengan menggunakan rumus fungsi PROPER sehingga Anda tidak perlu menulis (mengetik) ulang nominalnya dalam bentuk huruf.

Kemudian, pada lembar tersebut juga memuat dua buah tanda tangan (pelaku transaksi) yakni orang yang membayar (penyetor) dan penerima pembayaran, sehingga bukti transaksi lebih valid dan dapat dipertanggungjawabkan karena kwitansi ditandatangani kedua pihak. Selain itu, ruang untuk tanda tangan lebih luas, sehingga pada bagian itu Anda bisa menempelkan (memasang) materai di kolom tanda tangannya (apabila diperlukan).

Berikut ini tampilan lembar kwitansinya.

tampilan lembar kwitasi pada aplikasi kwitansi excel otomatis terbaru (buatan siti jubaedah)

Fungsi

Fungsi utamanya yaitu untuk membuat sendiri lembar kwitansi sederhana menggunakan excel. Jadi, bagi Anda yang ingin membuat/mencetak lembar kwitansi secara mandiri dengan style atau gaya kwitansi seperti tampilan gambar di atas bisa menggunakan aplikasi ini.

Manfaat

Aplikasi bisa dimanfaatkan oleh:
  • Sekolah Dasar (SD)/SMP/SMA/SMK
  • Madrasah (MI/MTs/MA)
  • Perusahaan kecil-menengah (milik perorangan atau organisasi).
Pihak-pihak yang disebutkan di atas, bisa menggunakannya untuk keperluan offline guna mencetak kwitansi yang dimaksud. Jika ingin mendistribusikan kembali aplikasi ini, hubungi pembuat aplikasi untuk meminta izin terlebih dahulu.

Download

Aplikasi tersebut bisa didownload melalui tautan berikut:


Demikian yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Aplikasi Kwitansi Excel Otomatis Terbaru"