√ Buku Pembantu Bank (Formulir BOS K5) - dem
Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 27 Januari 2021

Buku Pembantu Bank (Formulir BOS K5)

Pada artikel administrasi sekolah ini kami membahas tentang buku pembantu bank terkait manajemen keuangan sekolah yang bersumber dari dana bantuan operasional sekolah (BOS). Di sini kami akan menjelaskan definisi, fungsi, contoh format buku tersebut, dan membagikan dokumen berisi format buku pembantu bank yang dimaksud dalam bentuk file excel (xlsx).

Bapak/Ibu Bendahara sekolah dapat melihat dan memilih pembahasan yang ingin diketahui melalui daftar isi berikut.

Definisi Buku Pembantu Bank

Berkaitan dengan BOS, buku pembantu bank (disebut juga sebagai formulir BOS K-5) merupakan sebuah buku berisi catatan lengkap terkait debit dan kredit, atau penerimaan dan pengeluaran sejumlah dana (uang) yang mengacu pada transaksi pihak sekolah dengan melalui bank, misalnya penarikan/penerimaan dana BOS melalui cek dan sebagainya.

Fungsi Buku Pembantu Bank

Fungsi dari buku ini antara lain:
  • Mencatat transaksi antara sekolah dengan bank
  • Digunakan untuk/sebagai pelengkap Buku Kas Umum (BOS K-3)
  • Dokumen tertulis sebagai bukti transaksi.

Contoh Format

Buku pembantu bank terdiri atas bagian-bagian seperti: Judul, Nama sekolah, Desa/ Kecamatan, Kabupaten/ Kota, Provinsi, dan Tabel pencatatan transaksi sekolah dengan bank.

Tabel tersebut memuat 7 (tujuh) kolom dengan keterangan masing-masing, yang secara berurutan (dari kiri ke kanan) dimulai dari kolom: Tanggal, Nomor kode, Nomor bukti, Uraian, Debit atau Penerimaan, Kredit atau Pengeluaran, dan Saldo.

Setelah tabel terdapat bagian untuk mencantumkan tempat dan waktu (titi mangsa) buku tersebut, dan bagian penandatanganan oleh Kepala sekolah dan Bendahara.

Untuk lebih jelasnya, Bapak/Ibu dapat melihat contoh formatnya pada gambar di bawah ini.

buku pembantu bank (formulir bos k5)
Gambar formulir BOS K5

Dokumen

Bendahara sekolah bisa mendapatkan contoh format di atas dalam bentuk .xlsx atau file excel dengan mendownloadnya melalui tautan berikut.

Penutup

Demikian yang dapat disampaikan/dibagikan pada kesempatan ini. Semoga materi pembahasan mengenai buku yang dimaksud beserta dokumennya dapat bermanfaat bagi Bendahara sekolah guna untuk membuat buku tersebut demi melengkapi administrasi sekolah terkait keuangan dan BOS. Sekian dan terima kasih.

Get notifications from this blog