√ Buku Pembantu Kas Tunai - dem
Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 26 Januari 2021

Buku Pembantu Kas Tunai

Di artikel ini kami akan membahas seputar Buku Pembantu Kas Tunai. Pembahasan meliputi Pengertian, Fungsi/Kegunaan, Manfaat, Contoh format, Cara mengisi, dan Dokumen xls (excel) berisi format buku pembantu kas tunai.

Pembahasan ini ditujukan bagi Bendahara Sekolah yang ingin mempelajari hal-hal yang disebutkan di atas guna menambah wawasan juga sebagai informasi bagi semua yang membutuhkannya.

Baik. Mari kita mulai pembahasannya.

Pengertian

Dikutip dari situs resmi Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Buku Pembantu Kas Tunai adalah buku yang dipakai untuk mencatat uang yang diterima dan dikeluarkan atas penerimaan sejumlah uang yang disetor ke kas umum negara.

Dengan demikian, buku tersebut merupakan berkas/dokumen kosong yang digunakan untuk menuliskan penerimaan (debit) dan pengeluaran (kredit) sejumlah uang yang ada dalam kas suatu lembaga, sekolah, atau instansi.

Kaitannya dengan sekolah, buku pembantu kas dapat didefinisikan sebagai media pencatatan uang yang diterima dan dikeluarkan secara langsung (tunai) dari kas sekolah. Ini erat kaitannya dengan pengelolaan keuangan yang bersumber dari dana Bantuan Operasional Sekolah (disingkat BOS).

Fungsi atau Kegunaan

Sebagaimana telah dijelaskan dalam Pengertian di atas, buku pembantu kas tunai berfungsi untuk:
  • Mencatat pemasukan (penerimaan) dan pengeluaran sejumlah uang tunai (cash) atas transaksi yang dilakukan
  • Kaitannya dengan BOS, buku tersebut digunakan juga sebagai bukti pemasukan dan pengeluaran uang sekaligus bahan penyusunan laporan pertanggungjawaban penggunaan dana bantuan operasional sekolah atau SPJ.

Manfaat

Kaitannya dengan dana BOS tentunya buku pembantu kas memiliki manfaat yang sangat besar bagi sekolah, di antaranya:
  • Dijadikan dokumen/arsip terkait pengelolaan keuangan sekolah
  • Dijadikan bukti bilamana ada pemeriksaan dari BPK
  • Dijadikan bahan pelaporan penggunaan dana BOS yang telah diterima dari Pemerintah.

Contoh Format

Pada dasarnya format buku pembantu kas tersusun atas:
  • Judul
  • Bulan
  • Identitas Buku yang mencakup Nama Sekolah, Desa/ Kecamatan, Kabupaten/ Kota, dan Provinsi tempat sekolah berada (domisili)
  • Tabel Pencatatan Transaksi yang terdiri dari beberapa kolom di antaranya Tanggal, No. (Nomor) Kode, No. Bukti, Uraian, Penerimaan (Debit), Pengeluaran (Kredit), dan Saldo
  • Tanda Tangan Kepala Sekolah dan Bendahara.
Untuk lebih jelasnya, format buku tersebut bisa dilihat pada tampilan gambar berikut.
gambar contoh format buku pembantu kas tunai (untuk pengelolaan/pencatatan keuangan sekolah terkait bantuan operasional sekolah atau bos)

Tata Cara Pengisian Buku

Untuk mengisi buku tersebut sebenarnya sudah jelas, namun di sini akan dibahas kembali. Adapun cara mengisinya antara lain sebagai berikut:
  1. Isi nama "Bulan" terlebih dahulu. Dikarenakan buku tersebut dibuat per-bulan maka yang pertama harus diisi adalah Bulan (waktu transaksi) terlebih dahulu
  2. Isi "Identitas buku" sesuai nama sekolah dan alamatnya
  3. Isi "Kolom-kolom" yang tersedia dalam tabel pencatatan transaksi
    1. Kolom "Tanggal" diisi dengan tanggal yang sesuai dengan waktu dilaksanakannya transaksi (baik penerimaan maupun pengeluaran)
    2. Kolom "No. Kode" diisi dengan nomor kode transaksi yang disesuaikan dengan pengkodean yang ditetapkan oleh bendahara sekolah, misalnya penerimaan ke-1 diberi kode D-01 (debit yang pertama) dan seterusnya, atau pengeluaran di-kode-kan dengan C-01 (untuk credit atau pengeluaran pertama) dan seterusnya
    3. Kolom "No. Bukti" ini biasanya diisi berdasarkan nomor kuitansi
    4. Kolom "Uraian" diisi dengan uraian transaksi, misalnya untuk pengeluaran: Untuk pembelian ...
    5. Kolom "Penerimaan (debit)" diisi dengan nominal uang dan satuannya (rupiah) yang diterima dari sumber tertentu
    6. Kolom "Pengeluaran (credit)" diisi dengan nominal uang (angka) dan satuannya yang dipakai atau dikeluarkan untuk pembelian barang/jasa tertentu untuk keperluan sekolah
    7. Kolom "Saldo" diisi dengan sisa uang dalam kas (diperoleh dari pengurangan dari uang yang diterima dengan yang digunakan atau dikeluarkan untuk keperluan tertentu).
  4. "Tanda tangan" ditandatangani oleh Kepala Sekolah sebagai penanggung jawab keuangan dan Bendahara selaku pengelola keuangan.

Dokumen Excel Buku Pembantu Kas Tunai

Bagi Bapak/Ibu bendahara sekolah yang menginginkan format buku yang dimaksud dalam bentuk dokumen excel (.xlsx), Anda dapat mendownload xls nya melalui tautan yang disediakan. Namun sebelum itu, kami sampaikan rincian berkas (dokumen) nya.

Nama berkas: buku-pembantu-kas-tunai_dokumensekolahdasar.blogspot.com
Jumlah sheet: 1
Tipe file: .xlsx
Ukuran: 17,5 KB
Support: Spreadsheet | Download xlsx


Demikian dokumen dan pembahasan mengenai Buku Pembantu Kas Tunai mulai dari Pengertian sampai dengan Cara Mengisinya. Semoga pembahasan/informasi ini bermanfaat guna menambah wawasan keilmuan terkait administrasi yang digunakan untuk mengelola keuangan sekolah sehingga dapat menciptakan iklim manajemen keuangan yang sehat dan profesional.

Pustaka :

  • [1] Kemendikbud. 2017. Panduan Kerja Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah. Cetak pertama. Jakarta: Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Get notifications from this blog