√ Cara Membuat Daftar Hadir Siswa untuk Pembelajaran Daring - dem
Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 16 Januari 2021

Cara Membuat Daftar Hadir Siswa untuk Pembelajaran Daring

Di artikel ini kami akan membahas (berbagi informasi) tentang tutorial cara membuat daftar hadir siswa untuk kegiatan pembelajaran daring yang nantinya dapat Bapak/Ibu Guru ikuti langkah-langkahnya. Di sini kita akan menggunakan google form sebagai alat untuk membuatnya. Diharapkan cara yang kami bagikan ini dapat membantu guru dalam mengabsen siswa yang mengikuti pembelajaran daring. Sehingga kehadiran siswa dapat dicek pada bagian respons pada google form yang telah dibuat/diisi.

Baik. Berikut ini pembahasan selengkapnya.

Cara Membuat Daftar Hadir Siswa untuk Pembelajaran Daring dengan Mudah Menggunakan Google Form

Langkah-langkah pembuatan daftar hadir siswa:
1. Dengan menggunakan akun Bapak/Ibu Guru masing-masing, Masuk ke Google form.
2. Di bawah "Memulai formulir baru" klik tanda " + " untuk memilih format kosong.

3. Di sebelah kanan-atas layar komputer, ganti kalimat "Formulir tanpa judul" dengan teks "Daftar Hadir Siswa".

4. Pada bagian deskripsi formulir, tambahkan deskripsi yang sesuai dengan judul. Kita gunakan contoh, misalnya: Daftar hadir siswa dalam kegiatan pembelajaran daring (pembelajaran jarak jauh), Senin, 11 Januari 2021.

5. Hapus teks "Pertanyaan tanpa judul" dan ubah dengan teks "Nama siswa" dan aktifkan tombol wajib diisi.

6. Klik tombol "Tambahkan pertanyaan" kemudian akan muncul pertanyaan baru. Selanjutnya isi dengan teks "Kelas", biarkan jawabannya pada format pilihan ganda, kemudian isi opsi 1 dengan kelas yang akan belajar daring.

Misalnya Bapak/Ibu adalah guru PAI atau PJOK di SD, atau guru mata pelajaran di SMP yang mengajar IPA di kelas 7A dan 7B maka pada opsi 1 isi dengan teks "7A", kemudian pada opsi 2 isi dengan "7B". Tujuannya yaitu untuk memudahkan siswa dalam mengisi daftar hadir mereka tinggal memilih kelas yang sesuai. Di samping itu, teknik seperti ini juga dapat memudahkan guru dalam mengelompokkan daftar hadir berdasarkan kelasnya masing-masing.

Jika Bapak/Ibu merupakan guru PAI atau PJOK di sekolah dasar, maka Anda juga bisa menetapkan kelas berdasarkan tingkatannya. Misalnya, Anda mengajar dari kelas 1 sampai dengan kelas 6, maka opsi yang dibuat harus 6 (enam) buah juga, yakni "Kelas 1", "Kelas 2", dan seterusnya.

Jika selesai, aktifkan juga tombol wajib diisi.

7. Klik lagi tombol "Tambahkan pertanyaan" kemudian isi dengan " L / P ". Ini untuk mengetahui apakah siswa merupakan laki-laki atau perempuan. Biarkan format jawabannya dalam bentuk pilihan ganda. Kemudian buat opsi lagi. Untuk opsi 1 masukkan huruf L, sedangkan opsi 2 dengan huruf P. Kemudian aktifkan wajib diisi

8. Tambahkan pertanyaan lagi kemudian isi dengan teks "Status Kehadiran". Setelah itu buatlah 3 (tiga) opsi yang terdiri dari: Hadir, Izin, Sakit. Fungsinya yaitu untuk mengetahui apakah siswa hadir pada tanggal dilaksanakannya pembelajaran daring, sakit, atau izin.

Tips:
Untuk opsi dengan keterangan "Izin", Bapak/Ibu Guru bisa menambahkan kalimat setelahnya sebagai penegasan untuk mereka yang ingin izin tidak ikut pembelajaran.

Misalnya:
a. Hadir
b. Izin (bagi siswa yang izin, orangtua/wali diharapkan untuk mengkonfirmasi guru)
c. Sakit (bagi siswa yang sakit, orangtua/wali diharapkan untuk memberikan bukti surat keterangan sakit dari dokter atau dokumentasi lainnya)

Sampai dengan tahapan ini daftar hadir siswa dengan google form sudah jadi. Namun, pekerjaan Bapak/Ibu tidak sampai di sini karena Anda harus membagikan link daftar hadir yang sudah dibuat supaya siswa atau orangtua/wali bisa mengisinya di handphone mereka.

Cara Mengirimkan Link (Tautan) Daftar Hadir Siswa

Langkah-langkah untuk mengirimkan tautan:
1. Klik tombol "Kirim" yang berada pada bagian atas-kanan layar komputer
2. Pada "Kirim melalui" pilih simbol rantai (tautan)
3. Klik "Salin".
4. Tempel atau Paste tautan pada whatsapp grup yang dijadikan media pembelajaran siswa.

Video Tutorial

Untuk memperjelas langkah-langkah pembuatan daftar hadir siswa menggunakan google form, Bapak/Ibu dapat menyimak video tutorial berikut.


Demikian tutorial tentang cara membuat daftar hadir siswa untuk pembelajaran daring yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat.

Get notifications from this blog