√ Cara Membuat Kelas Virtual Baru di Google Classroom - dem
Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 16 Januari 2021

Cara Membuat Kelas Virtual Baru di Google Classroom

cara membuat kelas virtual baru di google classroom, lengkap dengan panduan pengelolaan kelasnya

Pembelajaran pada masa pandemi covid-19 mengharuskan guru lebih kreatif dalam memanfaatkan teknologi yang ada. Pembuatan kelas virtual salah satunya merupakan upaya guru untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh secara daring. Google classroom adalah salah satu fitur gratis yang bisa dimanfaatkan untuk membuat kelas virtual untuk melaksanakan pembelajaran yang dimaksud.

Apa itu Google classroom?

Google classroom merupakan fitur gratis yang disediakan oleh Google sebagai sarana untuk melaksanakan pembelajaran secara online (daring = dalam jaringan). Fitur tersebut diberikan secara gratis untuk membantu dunia pendidikan yang sedang mengalami pembatasan jarak akibat corona virus disease (covid-19). Dengan kata lain Google memberikan fitus gratis ini untuk media belajar guru dan siswa dalam ruang lingkup online.

Apa yang dimaksud dengan kelas virtual?

Kelas virtual (maya) adalah kelas semu. Artinya, ini merupakan sebuah tempat yang diciptakan agar menyerupai kelas yang sesungguhnya tempat dimana siswa dan guru berinteraksi dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, namun dikemas dalam jaringan internet (online).

Manfaat membuat kelas virtual di Google classroom

Manfaatnya banyak sekali sebenarnya, di antaranya:
  • Sebagai tempat pembelajaran daring antara guru dengan siswa
  • Melatih guru dan siswa untuk lebih memahami dan mahir dalam penggunaan teknologi pembelajaran
  • Mengetahui cara penggunaan google classroom untuk media pembelajaran, baik sebagai guru maupun sebagai murid (siswa).

Kelebihan Google classroom

Kelebihan google classroom di antaranya yaitu:
  1. Metode undangan banyak macamnya
  2. Terdapat fitur forum
  3. Tugas kelas terkumpul pada satu tempat
  4. Bisa memilih berbagai media termasuk YouTube.

Cara Membuat Kelas Virtual Baru

Tutorial pembuatan kelas di google classroom ini kami tujukan bagi semua guru pada jenjang pendidikan usia dini (PAUD/TK/RA), pendidikan dasar (SD), menengah (SMP/SMA/SMK), dan madrasah (MI/MTs/MA) yang ingin mencoba membuatnya.

Berikut ini cara membuat kelas virtual baru di google classroom:
  • Menggunakan gmail masing-masing guru, masuk ke google classroom
  • Pada tampilan pertama, klik "Lanjutkan"
  • Klik tanda " + " yang ditunjuk dengan teks "Buat atau gabung dengan kelas pertama Anda"
  • Centang "Saya telah membaca dan memahami..." kemudian klik "Lanjutkan"
  • Isi Nama kelas, Bagian, Mata pelajaran, dan Ruang
  • Klik "Buat".

Cara mengelola kelas yang sudah dibuat

Mengundang siswa ke kelas

Untuk mengundang siswa supaya masuk ke dalam room (ruang) kelas, Bapak/Ibu guru dapat menggunakan 3 (tiga metode atau cara):
  • Metode pertama : dengan kode kelas
  • Metode kedua : menggunakan fitur "Anggota" dengan menyalin "Link undangan" dan membagikannya kepada siswa
  • Metode ketiga : mengundang mereka melalui email.

Membuat tugas kelas

Untuk memberikan tugas kepada siswa, Anda bisa mulai membuatnya melalui fitur tugas kelas. Ada 4 (empat) macam atau jenis tugas yang bisa dibuat, yaitu:

1. Tugas umum
Tugas umum merupakan tugas dalam bentuk umum. Untuk membuatnya Anda bisa menggunakan google docs, slide, spreadsheet, gambar, atau formulir, serta bisa dengan mengupload file tugas dengan meng-klik "Tambahkan". Jika sudah selesai Anda bisa mengklik tombol "Tugaskan".

2. Tugas kuis
Tugas kuis merupakan tugas dalam bentuk pertanyaan yang disajikan pada google form. Anda bisa menambahkan pertanyaan quiz, mengatur jenis jawaban (apakah pilihan ganda atau jawaban singkat), mengatur poin untuk setiap pertanyaan, dan menambahkan kunci jawabannya.

Jika sudah selesai membuat kuis, kembali lagi ke tab google classroom kemudian klik "Tugaskan", maka secara otomatis tugas tersebut akan terposting di "Forum" kelas Anda.

3. Tugas Pertanyaan
Tugas pertanyaan ini bentuknya berupa pertanyaan langsung. Anda bisa menulis pertanyaannya dalam bentuk kalimat tanya. Agar siswa dapat membalas jawaban dari siswa lain, Anda bisa mencentang kolom ceklis yang tersedia. Jika sudah, klik tombol "Tanyakan".

4. Tugas Materi
Ini merupakan fitur tugas kelas yang dapat digunakan guru untuk memberikan materi pelajaran kepada siswa. Anda bisa membuat materinya langsung menggunakan google dokumen, slide, dan sebagainya, atau mungkin ingin memberikan materi berupa file yang sudah dibuat dengan cara menguploadnya. Mengupload materi bisa dilakukan dengan mengklik tombol "Tambahkan" kemudian pilih File dari komputer.
Selain file, Anda juga bisa menambahkan video pembelajaran yang mungkin sudah disiapkan pada akun YouTube Anda dengan mengklik Tambahkan kemudian pilih YouTube. Paste URL video Anda kemudian klik Tambahkan.

Melihat daftar tugas untuk diperiksa

Untuk melihat daftar tugas yang sudah dikerjakan siswa namun belum diperiksa, guru bisa melihatnya melalui menu utama google classroom. Klik menu utama → Mengajar → klik Untuk diperiksa.

Menyetel pengaturan kelas

Guru dapat mengatur settingan kelas secara umum dan khusus.
Setelan umum:
Untuk mengatur setelan ini dapat dilakukan dengan mengklik tombol gerigi yang ada pada bagian atas-kanan tampilan google classroom versi desktop. Pada setelan tersebut, guru dapat mengedit detail kelas, dan pengaturan umum seperti:
  • Menonaktifkan dan/atau me-reset kode undangan
  • Mengatur siapa yang bisa membuat posting dan komentar di kelas
  • Mengatur tampilan notifikasi tugas kelas di forum
  • Mengatur penghitungan nilai tugas.
Setelan khusus:
Setelan ini bisa dilihat dengan mengklik menu utama kemudian pilih Setelan. Dari sana guru bisa menyetel beberapa pengaturan seperti:
  • Notifikasi email
  • Komentar
  • Pengumpulan tugas
  • Undangan mengajar bersama untuk guru lain yang diundang, dan
  • Notifikasi kelas (untuk mengaktifkan pemberitahuan yang terjadi di kelas untuk guru dan siswa yang menggunakan ponsel android).
Untuk lebih memperjelas pembahasan di atas, Bapak/Ibu guru bisa melihat slide berikut ini.


Demikian pembahasan tentang cara membuat kelas di google classroom lengkap dengan panduan pengelolaannya. Semoga tutorial pembuatan kelas virtual ini dapat bermanfaat bagi rekan guru di sekolah/madrasah.

Get notifications from this blog