√ Cara Mencari Dokumen di Komputer dengan Cepat - dem
Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 02 Januari 2021

Cara Mencari Dokumen di Komputer dengan Cepat

Sebagai manusia yang tak luput dari lupa, terkadang kita suka lupa dimana letak folder tempat dokumen kita disimpan di komputer, sehingga saat ingin membukanya kita membutuhkan waktu yang cukup panjang untuk bisa menemukannya terlebih dahulu. Menanggapi hal tersebut, saya punya solusi, dan di postingan ini saya akan menjelaskan langkah-langkah/ cara mencari dokumen di komputer dengan cepat.

Postingan ini akan bermanfaat sekali ketika Anda ingin mencari dokumen yang lupa folder penyimpanannya. Jika memahami tutorial pada postingan ini Anda akan mudah menemukan dokumen yang dicari di komputer Anda, sehingga waktu untuk menemukan dokumen pun akan lebih cepat.

Pada umumnya pengguna komputer biasa menyimpan file, berkas, atau dokumen pada folder My Document. Sebagian pengguna pun mungkin ada yang menyimpannya di drive D atau drive E.

Baik, kita kembali ke fokus pembahasan utama.

Sebelum memulai tutorial ini, saya tegaskan bahwa untuk mempermudah pencarian dokumen di komputer, Anda harus tau nama dokumen yang akan dicari karena itu adalah hal penting yang akan mempermudah dalam penemuan dokumen yang dimaksud.

Katakanlah jika Anda ingin menemukan dokumen yang berjudul administrasi sekolah, maka pastikan bahwa dokumen yang Anda cari memuat teks administrasi sekolah, baik teks pada dalam dokumen itu maupun teks pada judulnya. Namun, yang saya sarankan teks tersebut dimuat pada judul (title) dokumennya.

Bagaimana cara mencarinya? Simak penjelasan berikut.

Cara Mencari Dokumen di Komputer dengan Cepat

Langkah-langkah untuk melakukan pencarian:

  • Buka File Explorer
  • Jika Anda lupa dimana folder tempat dokumen berada, kita bisa mengeceknya berdasarkan kebiasaan Anda dalam menyimpan dokumen, misalnya di My Document, di Drive D atau E.
  • Ambil contoh misalnya Anda ingat bahwa Anda selalu menyimpan dokumen di Drive D, maka selanjutnya pilih drive D atau local Disk D
  • Pada tampilan Local Disk D atau disk lainnya, tekan tombol " ctrl "dan " F " atau bisa juga mengarahkan pointer mouse pada kolom searching (berada pada sebelah kanan-atas layar monitor)
  • Ketikkan satu atau beberapa kata yang terkandung dalam judul dokumen yang dicari. Misalnya "administrasi sekolah"
  • Setelah itu tunggu proses pencarian hingga selesai
  • Setelah selesai, biasanya akan muncul dokumen-dokumen yang judulnya memuat kata seperti yang diketikkan pada kolom searching dimaksud.

Berikut ini contohnya.

contoh hasil pencarian dokumen di komputer dengan cara cepat


Untuk memperjelas pembahasan ini, Anda juga bisa menyaksikan video berikut.

Demikian tutorial yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Get notifications from this blog