√ Manfaat Mengikuti OSIS atau Ekstrakurikuler - dem
Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 01 Januari 2021

Manfaat Mengikuti OSIS atau Ekstrakurikuler

Selamat datang di dokumensekolahdasar.blogspot.com. Kali ini saya akan menyampaikan manfaat mengikuti OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) atau Ekstrakurikuler di Sekolah.

Pada dasarnya mengikuti kegiatan OSIS maupun ekskul yang ada di sekolah sangat bermanfaat bagi seorang pelajar baik di SMP/SMA/SMK. Tentunya manfaat tersebut hanya akan dirasakan oleh siswa yang aktif di organisasi saja.

Enam Manfaat Mengikuti OSIS atau Ekstrakurikuler di Sekolah

Apa saja manfaat itu? Berikut ini penjelasannya.

Menambah Teman atau Relasi

Aktif dan turut serta dalam kegiatan organisasi baik OSIS maupun ekstrakurikuler dapat memperbanyak jumlah teman atau relasi yang nantinya bisa bermanfaat, baik untuk saat ini maupun nanti di lain waktu.

Yakinlah bahwa setiap pertemuan pasti ada manfaat di balik itu. Orang yang mampu memperbanyak teman atau relasinya sejak saat ini, mungkin nanti di masa depan teman kita dapat membantu disaat kita membutuhkan bantuan.

Melatih Kedisiplinan

Setiap organisasi tentunya memiliki peraturan yang harus dipatuhi/ ditaati. Ketika aktif mengikuti OSIS dan ekskul di sekolah, apalagi jika menjadi pengurus inti, maka itu dapat melatih diri untuk disiplin dan bertanggung jawab, baik pada diri pribadi maupun anggota lainnya.

Melatih Jiwa Kepemimpinan

OSIS maupun ekskul adalah miniatur dari organisasi besar di masyarakat, dimana kegiatan di dalamnya selalu menuntut jiwa kepemimpinan karena seseorang harus mampu membimbing diri sendiri dan orang lain menuju pada tujuan bersama.

Mengasah Kemampuan Problem Solving

Setiap hidup pasti akan menghadapi permasalahan, begitu pun di OSIS dan di ekskul. Permasalahan yang muncul di organisasi biasanya lebih rumit (kompleks). Ketika kamu berorganisasi maka kamu akan dituntun bisa menyelesaikan suatu permasalahan yang sedang terjadi sehingga kemampuanmu dalam menyelesaikan masalah (problem solving) akan terlatih dan mungkin suatu saat akan meningkat.

Melatih Keberanian Berbicara di Depan Umum

Mengikuti kegiatan OSIS maupun ekstrakurikuler secara tidak langsung dapat menumbuhkan keberanian berbicara di hadapan umum (banyak orang). Kemampuan ini perlu dilatih sejak masih di bangku sekolah sehingga ketika berada di tengah masyarakat kamu sudah terbiasa bicara di depan umum.

Mengenal Administrasi Keorganisasian

Tidak hanya 5 manfaat di atas, manfaat keenam ini juga cukup besar dalam kehidupan sehari-hari untuk mengenal dunia kerja. Pengenalan administrasi sejak bangku SMP/SMA/SMK perlu dilakukan guna memberikan wawasan kepada siswa yang aktif dalam mengikuti OSIS/ Ekskul sehingga saat mereka turun di tengah masyarakat, mereka sudah punya dasar ilmu tentang administrasi organisasi.

Demikian 6 manfaat mengikuti kegiatan organisasi siswa intra sekolah (OSIS) maupun ekstrakurikuler di sekolah. Terima kasih sudah membaca. Salam...

Get notifications from this blog