√ Cara Mencari RPP di Portal Guru Berbagi - dem
Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 03 Februari 2021

Cara Mencari RPP di Portal Guru Berbagi

Bapak/Ibu Guru, Halo, Selamat datang. Pada artikel ini saya kembali berbagi informasi mengenai cara mencari RPP di portal Guru Berbagi - Kemdikbud. Situs yang memang disediakan oleh Kemdikbud ini digunakan sebagai media online tempat untuk guru di Indonesia berbagi dokumen RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran).

Di portal guru berbagi, seorang Pendidik tidak hanya dapat mencari, melihat, dan mengunduh RPP saja, melainkan juga dapat berkontribusi dengan menyumbangkan (membagikan) RPP karya sendiri untuk di-upload di situs tersebut. Sehingga guru satu sama lain dapat merasakan manfaat darinya.

Di laman Guru Berbagi, Bapak/Ibu dapat menemukan RPP berdasarkan Moda (Daring, Luring, Kombinasi), Jenjang pendidikan (PAUD/TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK, SLB), Kelas menurut jenjang pendidikannya, dan berdasarkan Mata Pelajaran.

Bapak/Ibu juga bisa menemukan RPP terbaru berdasarkan tanggal upload yang dilakukan oleh Penulis atau Guru yang berkontribusi membagikannya.

Bagaimana cara mencarinya?

Cara Mencari RPP di Portal Guru Berbagi :

2. Setelahnya akan muncul tampilan laman berbagi RPP;
3. Cari RPP yang diinginkan dengan menyesuaikan opsi yang tersedia pada laman tersebut. Anda bisa menyesuaikan Moda, Jenjang pendidikan, Kelas, Mata pelajaran, dan mengetik Subjek pencarian. Jika sudah disesuaikan, klik Terapkan.

Untuk memperjelasnya, bisa melihat gambar berikut ini.

cara mencari rpp sesuai keinginan di portal guru berbagi (kemdikbud)
Gambar 1: cara melakukan pencarian RPP sesuai kebutuhan guru dengan mengatur opsi moda, jenjang, kelas, mapel, dan subjek pencarian.

Keterangan: Subjek pencarian merupakan fitur searching menurut keyword. Jadi, guru bisa langsung mencari RPP dengan hanya mengisi subjek pencarian saja. Asalkan kata kunci (keyword) yang diketik di kolom subjek tersebut lengkap. Setelah itu bisa langsung meng-klik Terapkan (seperti terlihat pada gambar di atas).

4. Untuk melihat RPP terbaru yang terakhir diupload oleh kontributor atau guru bisa dilihat pada laman berbagi RPP yang tadi telah diakses. Kemudian gulir (scroll) mouse ke bawah. Di bawah kolom subjek pencarian terdapat Daftar RPP yang baru saja dibagikan berdasarkan waktu terakhir.

Berikut ini tampilannya.

daftar rpp terbaru yang dibagikan oleh kontributor di laman guru berbagi
Gambar 2: daftar rpp terbaru yang tersedia di laman guru berbagi


Bagaimana cara mengunduh (mendownload) RPP di laman Guru Berbagi?

Berikut ini caranya:
1. Mencari RPP sesuai kebutuhan dengan menggunakan teknik pencarian yang telah dijelaskan di atas;
2. Jika sudah menemukan RPP yang diinginkan, klik judul RPPnya;
3. Pada tampilan RPP yang dimaksud terdapat tombol Lihat, Unduh, dan Salin tautan.

Keterangan:
- Tombol Lihat RPP dapat digunakan untuk melihat isi RPP yang dipilih
- Tombol Unduh digunakan untuk mendownload RPP nya langsung
- Tombol Salin tautan berfungsi untuk menyalin (copy) URL lokasi RPP itu berada.

Catatan:
Guru disarankan untuk menekan tombol Lihat terlebih dahulu untuk memastikan apakah RPP yang dipilih sudah sesuai. Jika sudah, lanjutkan dengan menekan tombol Unduh, sehingga dokumen RPP tersebut tersimpan di folder komputer ataupun di handphone Anda.

Demikian informasi tentang cara mencari RPP di portal guru berbagi. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat memberikan pencerahan bagi yang belum mengetahuinya.

Sumber gambar:

Get notifications from this blog