√ Daftar Nilai Siswa SMP Kurikulum 2013 Format Excel - dem
Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 02 Februari 2021

Daftar Nilai Siswa SMP Kurikulum 2013 Format Excel

Selamat datang Bapak/Ibu Guru SMP/MTs yang saya hormati. Di artikel ini saya akan membahas apa itu daftar nilai siswa, fungsi dan manfaat bagi guru, deskripsi singkat terkait daftar nilai yang kami dibagikan beserta kelebihannya, cara menggunakannya, dan di akhir artikel akan dibagikan dokumennya dalam bentuk excel.

Baik. Saya akan mulai membahasnya.

Apa itu Daftar Nilai Siswa?

Daftar nilai siswa adalah lembaran berisi daftar nama siswa serta nilai-nilai yang diperoleh dari berbagai kegiatan evaluasi belajar, misalnya: Ulangan harian, Penugasan, Penilaian Tengah Semester (PTS), dan Penilaian Akhir Tahun (PAT).

Nilai-nilai yang diperoleh siswa dari kegiatan tersebut nantinya dimasukkan (di-input) pada daftar nilai sehingga dapat diketahui mana saja siswa yang sudah mencapai KKM dan belum agar guru dapat menindaklanjutinya dengan melaksanakan remedial.

Apa yang Membuat Daftar Nilai Begitu Penting?

Sebagai salah satu kewajiban guru dalam kegiatan pembelajaran, daftar nilai tentunya penting sekali bagi guru dalam rangka mendokumentasikan hasil belajar siswa selama mengikuti pembelajaran di kelas, maupun secara daring seperti saat ini (ketika dalam masa pandemi corona).

Yang menjadikannya penting terletak pada fungsi dan manfaat daftar nilai itu sendiri.
Apa fungsinya?
Sudah jelas di atas dijelaskan bahwa fungsi daftar nilai di antaranya yaitu:
  1. Untuk mencatat nilai yang diperoleh siswa dalam setiap aktivitas belajar sebagaimana tercantum rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) terkait bentuk penilaian dan pedoman penskorannya
  2. Untuk dijadikan bukti fisik guna melengkapi administrasi guru terkait pembelajaran.
Adapun manfaat dari daftar nilai siswa ini yaitu bisa dimanfaatkan untuk bahan penilaian kinerja guru (PKG) serta dimasukkan ke dalam dokumen standar penilaian terkait akreditasi sekolah.

Deskripsi Singkat Daftar Nilai Siswa K13 SMP Format Excel yang Dibagikan

Perlu Bapak/Ibu Guru ketahui bahwa ini merupakan daftar nilai untuk siswa SMP yang kami bagikan kepada guru pada jenjang tersebut. Di samping itu, guru yang bekerja di madrasah tsanawiyah (MTs.) pun bisa menggunakannya dikarenakan ini khusus dibagikan untuk guru mata pelajaran di tingkat SMP sederajat.

Daftar nilai bisa digunakan oleh setiap guru yang mengajar mapel apapun, mulai dari mapel PPKn, Bahasa Indonesia, Inggris, IPA, IPS, Prakarya, Seni Budaya, Matematika, Mulok, PAIBP, dan sebagainya.

Pada daftar nilai tersebut guru dapat memasukkan nilai pengetahuan dan keterampilan.

Nilai pengetahuan diambil dari nilai ulangan harian pada setiap kompetensi dasar (KD) untuk materi yang diajarkan, PTS, dan PAT.

Adapun untuk nilai keterampilan diambil dari kegiatan praktek, produk, atau portofolio.

Perlu juga diketahui, daftar nilai hanya berisi 1 sheet saja. Di sheet tersebut saya telah menyisipkan rumus fungsi pada cell tertentu, sehingga saat guru memasukkan nilai pada kolom input nilai, maka cell yang memiliki rumus akan mengolah nilai siswa sesuai dengan ketentuan berlaku dalam kurikulum 2013.

Tampilannya memang sederhana, namun Bapak/Ibu mungkin bisa terbantu dengan adanya daftar nilai yang dibagikan pada artikel ini.

Tampilan gambar

daftar nilai siswa smp kurikulum 2013 [format excel]
Gambar 1: daftar nilai siswa untuk SMP/MTs kurikulum 2013 dalam bentuk excel


Download

Detail (Info Umum):
Nama file: daftar-nilai-siswa-smp-kurikulum2013-format-excel
Jenis: Excel
Tipe file: .xlsx
Ukuran: 77 KB
Fungsi: Menginput dan mengolah nilai siswa

Demikian yang dapat disampaikan pada artikel ini. Semoga yang dibagikan dapat berguna dan ada manfaatnya bagi Bapak/Ibu Guru di SMP/MTs yang membutuhkannya. Mohon maaf atas segala kekurangan. Salam.

Get notifications from this blog