Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa yang akan Dipelajari dalam Mata Pelajaran Informatika?

Apa yang akan Dipelajari dalam Mata Pelajaran Informatika? Berikut adalah penjelasan tentang apa yang dipelajari dalam mapel Informatika SMA Kelas X. Simak penjelasanya dibawah ini :

Informatika mencakup aspek teoretis dan praktis, mendorong kalian untuk  mengembangkan daya pikir kritis dan kreatif untuk menghasilkan penemuan  (invention) terkait komputer dan sistem komputasi. Kalian diharapkan  mampu mengaplikasikan prinsip-prinsip ilmiah yang dipelajarinya untuk  memahami dunia nyata, kemudian menciptakan perangkat keras dan  perangkat lunak yang memudahkan kehidupan. 


Dengan mengombinasikan dari prinsip, praktik dan penemuan (principles, practice, and invention), kalian  akan menjadi kreatif dan merasakan manfaatnya. Karena tidak hanya teoritis, penerapan informatika akan memberikan “surprise”, kejutan karena produknya menghasilkan sesuatu yang dapat diamati dan berfungsi dengan  baik dan dapat digunakan, bahkan dapat memunculkan keindahan (“that is so  beautiful”). 

Kalian akan mempelajari bidang-bidang pengetahuan Informatika, yang  dikelompokkan menjadi Berpikir Komputasional (BK), Teknologi Informasi  dan Komunikasi (TIK), Sistem Komputer (SK), Jaringan Komputer dan  Internet (JKI), Analisis Data (AD), Algoritma dan Pemrograman (AP), Dampak  Sosial Informatika (DSI), dan Praktik Lintas Bidang (PLB). Dalam bahasa  Inggris, bidang itu disebut: Computational Thinking (CT), Information and  Communication Technology (ICT), Computing System (CE), Computer  Network (NW), Data Analysis (DA), Algorithm & Programming (AP), Social  Impact of Informatics (SOC), Computing Practices (CP). Gambar 1.3 berikut  ini menggambarkan bidang-bidang pengetahuan atau elemen pengetahuan  informatika tersebut


Itulah penjelasan tentang Pelajaran Informatika pada kelas X


Posting Komentar untuk "Apa yang akan Dipelajari dalam Mata Pelajaran Informatika?"